Mengenal Jurusan Manajemen Industri Jasa Makanan dan Gizi IPB, Ada Prospek Kerja Luas

Jum'at, 16 Juni 2023 - 06:00 WIB
loading...
Mengenal Jurusan Manajemen Industri Jasa Makanan dan Gizi IPB, Ada Prospek Kerja Luas
Mengenal prodi D4 Manajemen Industri Jasa Makanan dan Gizi Sekolah Vokasi IPB University. Foto/Humas IPB University.
A A A
JAKARTA - Tingginya laju perkembangan industri jasa makanan dan minuman berjalan seiringan dengan tingginya kebutuhan tenaga profesional di bidang tersebut. Kondisi ini akan terjawab dengan keberadaan jurusan kuliah Manajemen Industri Jasa Makanan dan Gizi (MIJMG), Sekolah Vokasi IPB University .

“Mandat prodi ini adalah menyelenggarakan pendidikan dan penelitian dalam bidang manajemen industri jasa makanan dan gizi serta pengabdian masyarakat secara terpadu,” kata Ketua Prodi MIJMG, Dr Rina Martini, melalui siaran pers, Kamis (15/6/2023).

Peluang Kerja Luas Menanti Lulusannya

Dengan bekal ijazah dan juga sertifikat kompetensi dari Lembaga Sertifikasi Profesi Sekolah Vokasi, para lulusannya bisa memilih sendiri mau bekerja di bidang apa.

Misalnya di pengelolaan industri jasa makanan, mulai dari perencanaan dan pengadaan bahan makanan, pengolahan dan penyajiannya, berdasarkan aspek kulinari, gizi dan kesehatan.

Selain itu, lulusan jurusan MIJMG juga dapat meniti karier sebagai food stylist, ahli bakery, bahkan menjadi tester produk makanan dan minuman.

Terakreditasi Baik oleh BAN PT

Dr Rina mengatakan, keunggulan prodi yang telah terakreditasi Baik oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) D3 ini adalah menerapkan pembelajaran dual system dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program MBKM memungkinkan mahasiswa memiliki pengalaman belajar di kampus dan industri jasa makanan.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Gamers, Bisa Jadi Rekomendasi

Dengan demikian, mahasiswa memiliki keterampilan untuk menyelesaikan pekerjaan di bidang industri jasa makanan dengan efektif dan efisien.

“Selain keterampilan bidang manajemen industri jasa makanan, lulusan juga dibekali dengan ilmu gizi sehingga mampu memproduksi makanan dengan mempertimbangkan aspek gizi dan kesehatan,” tuturnya.

Dilengkapi Laboratorium Khusus


Aktivitas perkuliahan dan pembelajaran di Prodi MIJMG didukung dengan fasilitas yang memadai. Prodi ini mempunyai dua laboratorium khusus yang digunakan sebagai laboratorium pengolahan.

Yakni laboratorium kulinari di Kampus Cilibende dan laboratorium diet di Kampus Gunung Gede, Kota Bogor. Laboratorium kulinari digunakan untuk mata kuliah dasar kompetensi program studi, sedangkan laboratorium diet berhubungan dengan mata kuliah kompetensi program studi untuk mahasiswa tingkat lanjut.

Selain itu, terdapat pula Laboratorium Praktik Usaha Jasa Boga (PUJB) yang terletak di kampus Gunung Gede, Kota Bogor. Laboratorium ini digunakan untuk kegiatan teaching cafetaria dengan nama usaha Kantin Sehati.

“Peralatan yang ada di laboratorium Prodi MIJMG sudah sesuai dengan kompetensi yang diharapkan lulusan. Jumlah peralatan praktikum sudah bisa memenuhi dengan jumlah mahasiswa,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2333 seconds (0.1#10.140)