6 Perguruan Tinggi Indonesia Targetkan Keberhasilan Kurikulum EcoGreen 100 Persen

Jum'at, 16 Juni 2023 - 15:05 WIB
loading...
6 Perguruan Tinggi Indonesia Targetkan Keberhasilan Kurikulum EcoGreen 100 Persen
Kolaborasi 6 perguruan tinggi dalam menciptakan Kurikulum EcoGreen dengan menyasar mahasiswa dan UMKM. Foto/MPI/Hasyim Ashari.
A A A
JAKARTA - Enam perguruan tinggi swasta di Indonesia bekerja sama menciptakan kurikulum EcoGreen yang diperuntukan bagi mahasiswa dan UMKM. Hal ini pun tentu tidak terlepas dari target yang ingin dicapai.

Seperti diketahui, Kurikulum EcoGreen merupakan sebuah konsep yang mengedepankan untuk lebih peduli terhadap isu-isu lingkungan atau biasa disebut sebuah konsep ramah terhadap lingkungan.

Maria Widyarini selaku Co-Coordinator Universitas Katolik Parahyangan mengatakan, target dari menciptakan Kurikulum EcoGreen diharapkan mencapai 100 persen. Sebab, Kurikulum EcoGreen ini sudah lama dijalankan, hanya saja ingin mencapai target dan cakupan yang lebih luas.

Baca juga: ISTN Buka Lowongan Dosen Tetap, Ini Formasinya

"Kalau berbicara keberhasilan itu kan relatif ya, nah kita sih pengennya 100 persen ya. Tentunya itu yang harus dicapai karena kami punya komitmen. Ini bukan hal pertama kali universitas di konsorsium kami juga memiliki program studi ataupun mata kuliah yang sudah ke arah Green," ucap Maria ditemui pada Jumat (16/6/2023).

"Jadi sebetulnya sudah tercapai sebetulnya sekarang kami ingin membuat lebih besar lagi dalam bentuk konsorsium," terangnya.

Lebih lanjut, Maria menuturkan, pembahasan mengenai Kurikulum EcoGreen ini diadakan dalam rangka bagaimana peran kampus bisa dapat menciptakan lulusan. Tidak hanya mendapat IPK yang tinggi namun juga bisa meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan dan sosial.

Baca juga: Ini Besaran Biaya Kuliah Jalur Mandiri di UPN Veteran Jakarta

"Berbicara generasi ke depan kami itu juga salah satu yang bertanggung jawab terhadap penciptaan generasi ke depannya seperti apa," ujarnya.

"Harapan kami lewat kurikulum ini kami bisa berkontribusi lebih untuk menciptakan lulusan yang tidak cuma sekadar lulus dengan IPK tinggi tapi tidak diikuti dengan sosial skill. Nah ini yang ingin kami bekali sekarang, karena kan sekarang generasinya sudah beda," pungkasnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1828 seconds (0.1#10.140)