Kenal Lebih Dekat Jurusan D4 Manajemen Industri IPB dan Prospek Kariernya

Minggu, 25 Juni 2023 - 08:33 WIB
loading...
Kenal Lebih Dekat Jurusan D4 Manajemen Industri IPB dan Prospek Kariernya
Mengenal lebih dekat jurusan D4 Manajemen Industri IPB University. Foto/Humas IPB University.
A A A
JAKARTA - Program Studi Sarjana Terapan Manajemen Industri (Prodi STr MNI) adalah salah satu dari 17 prodi yang dikelola oleh Sekolah Vokasi IPB University sebagai jenjang Program Pendidikan Sarjana Terapan (Program D4). Jurusan kuliah ini diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang adaptif terhadap kondisi disrupsi hari ini.

Ketua Prodi Manajemen Industr Sekolah Vokasi IPB University.Ir Purana Indrawan menjelaskan, keterampilan yang dibutuhkan untuk menghadapi kondisi kehidupan yang semakin volatil, tidak pasti, kompleks dan ambigu yang biasa disebut VUCA antara lain complex problem solving, critical thinking, creativity dan kolaborasi.

“Kemampuan tersebut bisa diperoleh bukan hanya dengan meningkatkan penguasaan hard skill semata, tapi lebih dari itu adalah kesiapan karakter dan abilities lainnya (soft skill)”, ujar, melalui siaran pers, Minggu (25/6/2023).

Baca juga: Medina Warda, Mahasiswa UI Juara Kompetisi Catur Internasional 2023 di Singapura

Ia mengungkapkan visi, misi dan profil lulusan dituangkan dalam kurikulum yang menyiapkan lulusan memiliki kemampuan menghadapi tantangan tersebut.

“Visi Prodi STr MNI adalah menjadi program studi terdepan dalam menghasilkan lulusan bidang perencanaan dan pengendalian produksi berkarakter kewirausahaan dan mempunyai sikap dan perilaku yang diperlukan oleh industri manufaktur dan jasa,” jelasnya.

Prospek Karier

Berdasarkan prospek karier, lapangan pekerjaan lulusan Prodi STr MNI adalah sebagai manajer/supervisor/penyelia di produksi/logistik pada industri manufaktur dan jasa seperti di industri pengolahan pangan dan pakan, industri minuman, industri perkebunan, industri tekstil, industri farmasi, industri automotif, perdagangan, retail dan lain-lain.

Sebelumnya, akreditasi Prodi D3 MNI Sekolah Vokasi IPB University berstatus unggul. Untuk Program Sarjana Terapan, saat ini dalam tahap pengajuan ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) sesuai dengan Program Elevasi D-3 ke D-4 yang digagas oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Lebih lanjut ia mengurai, manajemen industri merupakan salah satu bidang ilmu dari rumpun ilmu manajemen yang merupakan irisan dari keilmuan teknik industri dan manajemen.

Ciri Khusus Prodi Manajemen Industri

Hal yang membedakan lulusan Prodi STr MNI dengan lulusan universitas lainnya ialah memiliki ciri khusus berupa kompetensi perancangan, perencanaan dan pengendalian produksi di tingkat unit bisnis tanpa harus mengambil tematik produksi tertentu.

Baca juga: Stress Tidak Lulus UTBK-SNBT 2023, Ini Saran Dosen Psikologi UMM

“Dalam upaya pemenuhan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni, kami memiliki dosen tetap (homebase) di Prodi STr MNI sebanyak 10 orang. Adapun dalam perkuliahan dan pembimbingan dibantu oleh dosen dari Departemen Teknik Industri Pertanian, Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem dan Departemen Manajemen S1 IPB University.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0988 seconds (0.1#10.140)