Ini 6 Jurusan Kuliah yang Banyak Dibutuhkan Perusahaan Migas

Minggu, 25 Juni 2023 - 10:13 WIB
loading...
A A A
Teknik Geofisika ini di antaranya dibuka di Universitas Syiah Kuala, Universitas Lampung, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, atau kampus-kampus yang lain.

4. Teknik Geomatika


Teknik Geomatika memang tidak secara langsung terkategorikan sebagai jurusan pertambangan dan perminyakan. Namun di jurusan ini mahasiswa akan belajar tentang teknologi informasi geografis (GIS), penginderaan jauh (remote sensing), dan sistem informasi geospasial (GIS) yang penting dalam pengelolaan sumber daya alam dan konservasi alam dalam industri pertambangan minyak dan gas.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember adalah salah satu kampus yang membuka Jurusan Teknik Geomatika.

5. Teknik Geologi


Jurusan Teknik Geologi salah satunya dibuka di Universitas Padjadjaran dan bisa menjadi rekomendasi jurusan untuk bekerja di perusahaan migas. Sebagai sebuah disiplin ilmu, Teknik Geologi menggabungkan antara pengetahuan geologi dengan teknik.

Tujuan bidang ilmu ini adalah untuk menganalisis struktur bumi dan sumber daya alam yang terkandung di dalamnya, seperti mineral, batu bara, dan gas alam. Teknik geologi juga mencakup pengelolaan lingkungan dan dampak dari kegiatan eksplorasi sumber daya alam.

6. Teknik Perminyakan


Teknik Perminyakan adalah salah satu jurusan migas yang membekalimu dengan kemampuan yang dibutuhkan untuk bekerja di industri ini. UPN Veteran Yogyakarta pun menyediakan jurusan ini.

Di jurusan ini kalian akan belajar tentang cara mengebor, mengeksplorasi, mengolah, dan mengeksploitasi minyak bumi dan gas alam.

Aspek teknis yang akan dipelajari, seperti geologi, geofisika, reservoir engineering, drilling, produksi, perencanaan, manajemen operasi lapangan, hingga pengelolaan aset minyak dan gas.

Demikian 6 jurusan kuliah jika kalian ingin bekerja di perusahaan migas. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4658 seconds (0.1#10.140)