Kemendikbudristek Luncurkan Kenduri Swarnabhumi 2023, Melestarikan Sungai Batanghari

Minggu, 25 Juni 2023 - 17:01 WIB
loading...
Kemendikbudristek Luncurkan Kenduri Swarnabhumi 2023, Melestarikan Sungai Batanghari
Suasana Kenduri Swarnabhumi 2023 yang digelar Ditjen Kebudayaan Kemendikbudristek di Jambi. Foto/Kemendikbudristek.
A A A
JAKARTA - Pemerintah melalui Ditjen Kebudayaan Kemendikbudristek terus mendorong pelestarian Sungai Batanghari yang ada di Provinsi Jambi . Salah satu yang dilakukan yaitu meluncurkan program Kenduri Swarnabhumi 2023.

Kenduri Swarnabhumi adalah pemajuan kebudayaan Melayu, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang hubungan antara kebudayaan dan pelestarian lingkungan, khususnya sungai di Jambi.

Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid mengatakan, Swarnabhumi 2023 ini merupakan kelanjutan dari program Kenduri Swarnabhumi 2022. Tujuannya menelusuri kembali jejak peradaban dari masa lalu dan sejarah peradaban Kerajaan Melayu di Daerah Aliran Sungai (DAS) Batanghari yang berusia 600 tahun mulai abad ke 7 Masehi hingga ke 14 Masehi.

"Kegiatan kenduri Swarnabhumi di 2022 yang lalu mendapatkan perhatian sangat positif dari semua kalangan dan Insya Allah ini lebih besar dan menarik lagi dari tahun kemarin, yang jelas harus ada peningkatan," ujarnya, melalui siaran pers, Minggu (25/6/2023).

Baca juga: Pemerintah Pusat Ajak Pemda Tambah Formasi Guru PPPK 2023

Kenduri Swarnabhumi merupakan hasil dari kolaborasi dan partisipasi masyarakat yang melibatkan berbagai komunitas dan pihak terkait.

Dalam upaya untuk memperkuat kebudayaan lokal dan pelestarian lingkungan, pemerintah melalui Kenduri Swarnabhumi akan mengadvokasi kebijakan publik yang berbasis budaya dalam upaya menjaga sungai.

Festival Daerah yang akan dilaksanakan sebagai bagian dari Kenduri Swarnabhumi 2023 meliputi berbagai acara menarik di berbagai daerah, seperti Kenduri Sko 13 Desa Gunung Tujuh Kabupaten Kerinci, Festival Gong Sitimang Kota Jambi, Bebiduk Besamo Kabupaten Muarojambi, Festival Pangabuhan Kabupaten Tanjung Jabung Barat, dan masih banyak lagi.

Festival-festival ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya harmoni sungai dan pelestarian peradaban yang semakin penting dan membutuhkan kearifan berbasis budaya.

Sementara itu Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Ditjen Kebudayaan Kemendikbudristek Mahendra mengungkapkan, Kenduri Swarnabhumi 2023 berkolaborasi dengan 10 Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi serta Kabupaten Dharmasraya dan Sijunjung di Provinsi Sumatra Barat
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2227 seconds (0.1#10.140)