Cerita Rahmat Kuliah di Turki, Pengantar Kuliah Gunakan 2 Bahasa Asing Sekaligus

Senin, 26 Juni 2023 - 22:57 WIB
loading...
Cerita Rahmat Kuliah di Turki, Pengantar Kuliah Gunakan 2 Bahasa Asing Sekaligus
Yadi Rahmat, Mahasiswa Indonesia asal Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, yang mendapatkan beasiswa penuh dari Pemerintah Turki. Foto/Dok/Pribadi
A A A
JAKARTA - Pemerintah Turki terus berusaha memperkenalkan negaranya sebagai salah satu negara yang layak untuk dijadikan destinasi melanjutkan pendidikan tinggi. Aktifitas Internasionalisasi pun terus digenjot demi mewujudkan harapan tersebut.

Tak heran, Negara ini memiliki mahasiswa internasional paling banyak di Eropa. Salah satunya, Yadi Rahmat, Mahasiswa Indonesia asal Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, yang mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Turki.



Rahmat yang kuliah di Sakarya University Turki mengambil Program S2 Ilmu Tafsir, berbagi pengalamannya sebagai siswa internasional. Dia mengaku bangga dan senang bisa belajar bersama mahasiswa Turki serta mahasiswa dari sejumlah negara lain.

Selain itu, pria yang akrab disapa Rahmat tersebut mengaku suka dengan suasana Sakarya University karena fasilitas yang lengkap serta suasana kotanya yang tidak begitu ramai.

Dirinya memilih belajar di Turki karena merupakan negara impiannya sejak kecil, di samping itu, Pemerintah TĂĽrki juga menyediakan program Beasiswa Penuh bagi mahasiswa asing, salah satunya pelajar Indonesia.



“Alhamdulillah saya kuliah di Sakarya University melalui program beasiswa penuh dari Pemerintah Türki. Ini impian saya dari kecil akhirnya tercapai,” ucap Rahmat kepada SINDOnews, Senin (26/6/2023).

Menurut Rahmat, salah satu tantangan kuliah S2 Ilmu Tafsir di TĂĽrki yaitu menggunakan dua, bahkan tiga bahasa pengantar sekaligus dalam perkuliahan, yakni Bahasa Arab, Turki, dan Inggris. Ini akan menjadi persoalan serius bagi calon mahasiswa yang hanya menguasai satu bahasa asing.

Tak heran jika di TĂĽrki ada kelas persiapan bahasa Turki dan Arab bagi calon mahasiswa yang ingin mengambil jurusan Ilahiyat atau Theology serta bahasa Inggris dan Turki untuk jurusan umum.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1125 seconds (0.1#10.140)