Aktif di Gerakan Sosial, Mahasiwa ITS Ini Raih Beasiswa yang Digagas Barack Obama

Jum'at, 30 Juni 2023 - 08:30 WIB
loading...
Aktif di Gerakan Sosial, Mahasiwa ITS Ini Raih Beasiswa yang Digagas Barack Obama
Mahasiswa ITS Muhammad Haikal Pramono. Foto/ITS.
A A A
JAKARTA - Mahasiswa ITS Muhammad Haikal Pramono meraih beasiswa Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI) Academic Fellowship (AFP) 2023 di Amerika Serikat. Berikut ini kisahnya.

Muhammad Haikal Pramono adalah mahasiswa Departemen Perencanaan dan Wilayah Kota Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang berkomitmen melalui gerakan sosial di bidang pendidikan.

Hal ini pula yang mengantarkan mahasiswa asal Jakarta tersebut menjadi salah satu penerima beasiswa YSEALI Academic Fellowship (AFP) 2023 di Amerika Serikat.

YSEALI merupakan beasiswa fully funded atau dibiayai sepenuhnya yang dicetuskan oleh mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama pada 2013.

Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi delapan pemuda-pemudi terpilih di negara di Asia Tenggara untuk bertukar pengalaman dalam hal profesionalitas dan kepemimpinan.

Baca juga: Kemendikbudristek Salurkan Beasiswa untuk Anak Korban Pelanggaran HAM di Aceh

Haikal ini mengungkapkan, tujuannya mengikuti program YSEALI AFP adalah untuk memotivasi orang lain bahwa kegiatan volunteer tidak sekadar kegiatan sosial biasa, melainkan terdapat wadah untuk mengapresiasi hal tersebut.

“Melalui program YSEALI inilah generasi muda diapresiasi atas komitmennya dalam memberikan gerakan dan dampak positif bagi lingkungan sosialnya,” katanya, dikutip dari laman ITS, Jumat (30/6/2023).

Gerakan sosial yang selama ini ia lakukan adalah digagasnya platform Ajak Gerak yang bertujuan untuk memberikan pendidikan kepada pelajar yang ingin meneruskan pendidikan di bangku kuliah. Platform ini didirikan sejak 2020 dengan lebih dari 62 ribu pengikut di instagram, serta telah berkembang menjadi Ajak Jago dan Ajak Belajar.

“Ini juga menjadi landasan yang kuat untuk menjadi nilai tambah mengikuti program YSEALI AFP kali ini,” jelas Co-Founder Ajak Gerak itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2515 seconds (0.1#10.140)