8 Tips Kuliah Tepat Waktu, Salah Satunya Perhatikan Jumlah SKS Minimal untuk Lulus

Senin, 03 Juli 2023 - 11:48 WIB
loading...
A A A

4.Manajemen Waktu yang Baik

Untuk bisa menyelesaikan perkuliahan tepat waktu, kamu juga perlu memiliki penjadwalan yang baik agar bisa belajar dengan maksimal. Sangat tidak disarankan untuk melakukan teknik kebut semalam di malam hari sebelum ujian.



Sebaiknya, gunakan waktu setelah kelas untuk mereview materi karena ingatkan kamu tentang mata kuliah itu masih segar. Selain itu kamu bisa juga langsung diskusi dengan teman jika ada materi yang tidak kamu pahami.

5.Memahami Tujuan Kuliah

Cara cerdas dan jitu supaya lulus kuliah tepat waktu adalah kamu harus memahami dan juga menyadari tujuan kuliah. Tentu saja tugas sebagai mahasiswa adalah harus belajar sehingga akan lebih fokus dengan hal-hal yang berkaitan dengan perkuliahan.

6.Kenali Penawaran Program Kuliah

Kenali penawaran program kuliah dari Buku Pedoman Studi. Jangan abaikan Buku Pedoman Studi yang dibagikan di awal perkuliahan karena buku itu memuat daftar mata kuliah yang perlu diprogramkan di masing-masing semester.

7.Ciptakan Lingkungan Belajar Kondusif

Cara lain yang penting adalah dengan membuat lingkungan belajar yang positif dan saling mendukung dengan teman-teman. Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar waktu mahasiswa dihabiskan bersama dengan teman-temannya. Untuk itu jangan ragu-ragu untuk mengajak temanmu belajar bersama.

8.Berpikir Jauh ke Depan

Untuk lebih termotivasi menyelesaikan masa studi tepat pada waktunya, cobalah luangkan waktu sejenak untuk memikirkan masa depan kamu setelah lulus kuliah.

Apakah kamu ingin bekerja di perusahaan multinasional, bekerja di pemerintahan, atau menjadi pengusaha? Dengan berpikir jauh ke depan, kamu jadi memiliki timeline hidup yang tentunya akan memotivasi kamu untuk lulus tepat waktu.
(wyn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1249 seconds (0.1#10.140)