Lulus S3 di Usia 28 Tahun, Dharma Setiawan Wisudawan Termuda FH Unair

Selasa, 04 Juli 2023 - 14:40 WIB
loading...
Lulus S3 di Usia 28 Tahun, Dharma Setiawan Wisudawan Termuda FH Unair
Ahli Hukum Termuda sekaligus Wisudawan Termuda S3 FH Unair Dr Dharma Setiawan Negara. Foto/Dok pribadi.
A A A
JAKARTA - Dharma Setiawan Negara menjadi wisudawan termuda jenjang S3 Ilmu Hukum di Fakultas Hukum Unair . Saat ini usianya menginjak 28 tahun.

Memang untuk menjadi praktisi hukum hanya mengharuskan mahasiswa hukum kuliah hingga S2. Namun Dharma melanjutkan kuliah S3 untuk mengembangkan ilmu pengetahuan.

Lulus S3 Cum Laude dengan IPK 3,8


Dharma Setiawan Negara menjadi wisudawan termuda S3 Fakultas Hukum (FH) Unair dan menjadi ahli hukum termuda yang lulus dengan status Cum Laude dengan IPK 3,8 di Universitas Airlangga (Unair).

Dharma yang lahir pada 16 Maret 1995 itu menempuh pendidikan S1 Ilmu Hukum pada tahun 2013 dan berhasil lulus 3,5 tahun pada 2017. Kemudian, ia melanjutkan pendidikan S2 Ilmu Hukum di tahun yang sama dan lulus pada tahun 2019.

“Pada tahun 2020, saya melanjutkan pendidikan S3 di program studi S3 Doktor Ilmu Hukum FH Unair dan lulus pada tahun ini, tahun 2023,” katanya, dikutip dari laman Unair, Selasa (4/7/2023).

Baca juga: Bukan PTN, Ini 2 Universitas Terbaik di Jakarta Berdasarkan QS WUR 2024

Sedang Magang Jadi Calon Hakim


Kecintaan Dharma akan dunia hukum membuatnya memutuskan untuk meniti karier menjadi seorang hakim. Saat ini, ia pun sedang magang sebagai calon hakim.

“Menurut saya, ilmu hukum adalah ilmu yang menuntut untuk menggunakan logika berpikir khususnya logika hukum dengan tidak melepaskan nilai-nilai moral dan etika,” tutur Dharma.

Dharma mengaku mendapatkan banyak benefit selama berkuliah di FH Unair, terutama dalam menjalin relasi yang luas.

“Saya diajar dan dibimbing oleh dosen-dosen dan Guru Besar yang reputasinya dikenal bukan hanya di Indonesia, namun juga terkenal di mancanegara,” ucap Dharma.

“Ilmu serta relasi yang saya dapatkan dari Unair sangat bagus untuk menunjang karier saya sebagai hakim ke depan dan juga menyalurkan ilmu saya baik dalam bentuk penulisan dan sebagai pengajar,” sambungnya.

Dharma merasa sangat terbantu dengan tim promotor yang menguji disertasinya sehingga ia dapat menyelesaikan perkuliahan dengan lancar dan cepat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1874 seconds (0.1#10.140)