7 Manfaat Ikut Organisasi di Kampus, Investasi Membangun Jaringan di Masa Depan

Kamis, 06 Juli 2023 - 11:02 WIB
loading...
7 Manfaat Ikut Organisasi di Kampus, Investasi Membangun Jaringan di Masa Depan
Aktif berorganisasi di kampus ternyata begitu penting dan bermanfaat bagi mahasiswa di masa depan setelah lulus. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Mengikuti organisasi kemahasiswaan di kampus memiliki banyak manfaat untuk masa depan. Berkuliah ternyata tak hanya soal masuk kelas, mengerjakan tugas, lalu pulang ke rumah begitu saja. Banyak hal yang bisa kamu lakukan saat kuliah untuk mempersiapkan dirimu saat terjun ke dunia kerja nantinya.

Salah satunya adalah dengan masuk ke dalam organisasi kemahasiswaan. Aktif berorganisasi ternyata begitu penting dan bermanfaat bagi kamu di masa depan setelah lulus. Dilansir dari berbagai sumber, ini 6 manfaat ikut organisasi kemahasiswaan di kampus.

Beragam Manfaat Ikut Organisasi Kemahasiswaan di Kampus

1.Belajar dasar-dasar kepemimpinan

Salah satu manfaat berorganisasi saat kuliah yang secara tidak langsung berdampak pada kehidupanmu adalah soal kepemimpinan. Organisasi merupakan salah satu wadah untuk belajar dan juga mengembangkan dasar-dasar kepemimpinan.

Di sini, kamu akan belajar cara untuk memimpin orang lain, rekan-rekan, sekaligus diri sendiri. Kamu akan bertanggung jawab pada diri sendiri maupun orang lain.

2.Mengembangkan kemampuan public speaking

Rapat merupakan salah satu agenda yang sering dilakukan dalam suatu organisasi. Tujuannya adalah untuk membahas rencana-rencana yang akan dilakukan oleh para pengurus dan anggota organisasi itu.

Dalam rapat ini, kamu akan dilatih untuk berani mengeluarkan pendapat, memberikan kritik membangun, serta mempresentasikan ide dan gagasan.

?

Kemampuanmu dalam public speaking pun otomatis akan meningkat. Kamu pun akan lebih percaya diri saat harus berbicara dan mempresentasikan idemu di depan orang banyak.

3.Memperluas relasi

Saat masuk ke dalam organisasi, maka kamu akan langsung terjun dan terlibat ke dalam sebuah jaringan. Di dalamnya kalian akan saling mengasah dan diasah, melewati suka dan duka.

Karena frekuensi kebersamaan terjalin cukup intens, tentunya rasa pertemanan di antara anggota organisasi akan semakin kuat. Dengan demikian, kamu pun akan memiliki lebih banyak teman karenanya.

4.Menambah pengetahuan dan kemampuan sosialisasi

Selama berorganisasi saat kuliah, kamu akan banyak mengikuti rapat dan berinteraksi dengan berbagai jenis orang. Di sini, otomatis kamu akan terlatih untuk berpikir secara rasional dan kritis untuk mencapai sebuah tujuan.



Seorang mahasiswa akan terbiasa dengan brainstorming dengan sesama anggota untuk mendapatkan solusi terbaik. Selain itu, kamu juga akan terasah untuk berani mengutarakan dan mempertahankan suatu pendapat.

5.Belajar mengatur waktu

Aktif berorganisasi saat kuliah menuntutmu untuk pandai dalam mengatur waktu. Selain mengikuti kelas dan mengerjakan tugas, kegiatanmu juga akan dipadati dengan rapat pertemuan organisasi, bersosialiasi, merencanakan kegiatan, dan banyak hal lainnya.

6.Bekal untuk masuk ke dunia kerja

Bukan rahasia umum bahwa IPK tinggi hanya akan membawamu lolos ke meja interview. Namun, di mata rekruter ternyata pengalaman berorganisasi saat kuliah menjadi salah satu penilaian penting.

Dengan mengikuti organisasi, maka kamu sudah terbiasa untuk bekerja dalam sebuah tim. Selain itu, kamu pun tentunya memiliki soft skill dan hard skill yang lebih terasah karena sudah biasa menggunakannya di dalam organisasi.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6801 seconds (0.1#10.140)