Mengenal Prodi IKN IPB University dengan Peluang Kerjanya yang Luas

Jum'at, 07 Juli 2023 - 11:38 WIB
loading...
Mengenal Prodi IKN IPB University dengan Peluang Kerjanya yang Luas
Mengenal prodi Sarjana Terapan Teknologi dan Manajemen Pembenihan Ikan (IKN) Sekolah Vokasi IPB University. Foto/Humas IPB.
A A A
JAKARTA - Sekolah Vokasi IPB University mempunyai Prodi Sarjana Terapan Teknologi dan Manajemen Pembenihan Ikan (IKN). Prodi ini hadir untuk mendukung keberhasilan budi daya perikanan (akuakultur) nasional maupun dunia dengan menghasilkan alumni yang kompeten.

Program studi (Prodi) IKN merupakan salah satu dari 17 prodi yang dikelola Sekolah Vokasi IPB University untuk jenjang Program Pendidikan Sarjana Terapan (Program D4). Prodi IKN juga sudah terakreditasi ‘Unggul’ dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

“Lulusan yang tangguh, terampil serta adaptif dapat mendukung keberhasilan produksi perikanan nasional. Produk perikanan budi daya diharapkan dapat mendukung kebutuhan protein hewani, baik di Indonesia maupun dunia,” ujar Ketua Prodi IKN Sekolah Vokasi IPB University Dr Wiyoto, melalui siaran pers, Jumat (7/7/2023).

Peluang Kerja Prodi IKN

Dia menambahkan, selain kemampuan dan keterampilan memproduksi ikan konsumsi, lulusan juga dibekali kemampuan untuk memproduksi ikan hias untuk kebutuhan lokal maupun ekspor. Kemampuan tersebut tentunya didukung dan diikuti pengetahuan teknologi budi daya perikanan yang berkelanjutan dan sesuai perkembangan teknologi masa kini.

Baca juga: Dorong Kemajuan Industri Kimia Berbasis Biomassa, Guru Besar UI Kaji Teknologi Pirolisis

Mengenai peluang kerjanya, dia menjelaskan, lulusan prodi IKN berpeluang memiliki jabatan pekerjaan sebagai farm manajer dengan ruang lingkup kerja meliputi perencanaan, supervisi, evaluasi hingga pengambilan keputusan strategis.

Tak hanya itu, lulusannya juga bisa bekerja di bidang perikanan budi daya pada skala farm perikanan secara langsung maupun pada aspek lain yang mendukung, seperti pemasaran produk dan sarana prasarana perikanan. Lulusan juga dapat bekerja di lembaga pemerintah sebagai pegawai negeri sipil (PNS), perusahaan swasta nasional maupun internasional atau berwiraswasta.

Keunggulan Prodi IKN


Dr Wiyoto menjelaskan, keunggulan atau ciri khusus Prodi IKN berupa kompetensi perancangan, perencanaan dan produksi benih ikan air tawar, ikan hias, ikan air payau/laut dan udang.

Baca juga: Mahasiswa, Ini 4 Jurusan Kuliah untuk Bekerja di Dunia Digital Marketing

Fokus utama kompetensi tersebut terletak pada aspek pengembangan aplikasi bioteknologi, berbasis Internet of Things (IoT) dan berorientasi industri yang dituangkan dalam kurikulum. Selain itu, lulusan juga dibekali sembilan softskill komunikasi dengan praktik terjun langsung ke masyarakat pembudi daya dan lingkungannya yang dituangkan dalam kurikulum.

Dosen dengan Kompetensi Khusus

Berdasarkan kualitas sumber daya manusia (SDM), dosen yang sesuai kompetensi berjumlah 21 orang, terdiri dari 2 orang profesor, 12 orang doktor dan 7 orang master. Dosen Prodi IKN juga memiliki kompetensi khusus meliputi keilmuan genetik dan reproduksi, kesehatan ikan, lingkungan, nutrisi ikan dan sistem teknologi. “Pengajar juga berasal dari industri (praktisi) sebanyak tiga orang dengan keahlian di ikan hias, pembenihan ikan konsumsi dan budi daya ikan payau/laut,” tambah Dr Wiyoto.

Fasilitas Pembelajaran Prodi IKN

“Sebagai prodi yang mengutamakan keterampilan dan analisis, maka Prodi IKN juga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, salah satunya laboratorium lapangan baik di kampus Sukabumi maupun kampus Gunung Gede, Bogor,” ujarnya.

“Untuk di Kampus Gunung Gede tersedia laboratorium pakan alami, kesehatan dan kualitas air. Kegiatan di lapangan juga dilengkapi dengan kolam ikan untuk pemeliharaan ikan dengan sistem bioflok dengan sistem pemberian pakan otomatis menggunakan IoT,” lengkapnya.

Selain itu, fasilitas praktikum juga dilengkapi dengan hatchery ikan hias, hatchery ikan konsumsi, Lab Recirculating Aquaculture System (RAS) untuk ikan patin dan green house RAS untuk budi daya udang sistem intensif.

Fasilitas tersebut mendukung untuk kegiatan budi daya ikan baik ikan konsumsi, ikan hias maupun ikan payau/laut. Selain fasilitas yang ada di kampus, Prodi IKN juga memiliki fasilitas praktikum lapangan berupa keramba jaring apung (KJA) yang ada di Pulau Seribu, DKI Jakarta.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3222 seconds (0.1#10.140)