Kemendikbudristek: Alumni IISMA Cepat Dapat Kerja Bahkan Direkrut sebelum Lulus

Jum'at, 07 Juli 2023 - 16:28 WIB
loading...
A A A
Baca juga: Kisah Perjuangan Rosi Tirus, Lolos Beasiswa SISGP dan Raih Gelar S2 di Swedia

Melalui IISMA, diharapkan SDM Indonesia semakin unggul dan semakin siap untuk memasuki dunia kerja dalam kancah global dengan tetap mengedepankan nilai-nilai kebangsaan dan rasa cinta tanah air.

Sebagai alumni IISMA, Enrique Owen menyatakan bahwa program Merdeka Belajar ini telah mengubah hidupnya dan mewujudkan mimpinya untuk belajar di luar negeri dengan fasilitas yang sangat baik. Melalui IISMA, ungkapnya, dia tidak hanya belajar di kelas, namun juga mendapat banyak pembelajaran hidup.

"Mata saya pun terbuka bahwa betapa banyaknya orang pintar di luar sana sehingga mendorong saya untuk terus belajar. Selain itu saya juga mendapatkan banyak jejaring yang bermanfaat untuk kemajuan saya ke depannya,” kata alumni program IISMA tahun 2022 yang sempat berkuliah di Universitas Pennsylvania itu.

Sementara itu, Tania Bong, alumni program IISMA Vokasi 2022 menunjukkan antusiasme terhadap program Kampus Merdeka ini. “IISMA adalah program luar biasa yang berhasil merangkul mahasiswa vokasi dan memberi kesempatan kami untuk melebarkan sayap ke dunia internasional," ujarnya.

"Program IISMA pun sangat matang dan fokus dengan memadukan pembelajaran teori dengan praktik. Hebatnya, dalam hal fasilitas, IISMA pun memberikan ketenangan karena sudah memberikan dana sejak sebelum kami sampai di luar negeri,” lanjut mahasiswa jurusan Pariwisata ini.

Sejalan dengan testimoni positif para alumni, Wakil Ketua IISMA, Andi Rahardiyan, mengatakan bahwa IISMA merupakan salah satu di antara enam program MBKM yang kini menjadi favorit bagi para mahasiswa dari berbagai penjuru Indonesia.

“Kini IISMA semakin berkembang, bahkan semakin banyak perguruan tinggi top 100 dunia yang menjadi tempat studi. Maka dari itu, pendaftar IISMA dari tahun ke tahun terus meningkat. Tahun 2021 ke 2022 naik sekitar 300 persen, kemudian dari tahun 2022 ke tahun 2023 naik sekitar 150 persen, sehingga secara keseluruhannya naik sekitar 450 persen,” ujar Andi.

Selain itu, Andi menjelaskan, peningkatan minat tersebut juga diimbangi dengan peningkatan kualitas dari para pendaftar. “Salah satu bukti peningkatan kualitas yakni melalui skor kemampuan bahasa Inggris yang meningkat 0,5-1 digit dalam format IELTS," katanya.

"Pada tahun 2021 rata-rata pendaftar memiliki skor 6,5, namun tahun ini sudah mencapai 7,5. Hal tersebut menjadi tantangan bagi para pendaftar untuk terus meningkatkan kualitas dirinya karena proses seleksi pasti akan semakin ketat,” pungkasnya.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1529 seconds (0.1#10.140)