Upaya Membangun SDM Unggul di Masa Depan melalui Program Indonesian International Student Mobility Award (IISMA)

Sabtu, 08 Juli 2023 - 06:00 WIB
loading...
Upaya Membangun SDM Unggul di Masa Depan melalui Program Indonesian International Student Mobility Award (IISMA)
Jelajahi Dunia dan Bentuk Masa Depan dengan Indonesian International Student Mobility Award (IISMA). (Foto: dok Kemendikbudristek)
A A A
JAKARTA - Sebagai salah satu implementasi program unggulan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) tahun ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali menyelenggarakan program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA).

Kini, program IISMA telah menunjukkan dampaknya terhadap SDM di Indonesia, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Sri Gunani Partiwi selaku Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbudristek menjelaskan bahwa menurut survei yang dilakukan lembaganya, alumni dari program IISMA termasuk yang paling unggul perihal mendapatkan pekerjaan.

"Jika biasanya alumni perguruan tinggi mengalami masa tunggu selama empat bulan sebelum mendapat pekerjaan, alumni IISMA rata-rata hanya menunggu selama 0,3 bulan saja. Bahkan, berkat jejaring selama program IISMA, banyak di antaranya yang sudah mendapatkan pekerjaan sejak sebelum lulus di perguruan tinggi,” ujarnya dalam webinar Silaturahmi Merdeka Belajar bertema “Jelajahi Dunia Dunia dan Bentuk Masa Depan dengan Indonesian International Student Mobility Award (IISMA),” pada Kamis (6/7/2023).

“IISMA bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa Indonesia untuk menjadi SDM yang tangguh dan relevan dengan perkembangan dan kemajuan zaman, serta mampu menghadapi tantangan global di masa depan. Selain itu, program ini pun merupakan langkah diplomasi melalui pendidikan lintas budaya, serta membuka pintu bagi para mahasiswa untuk mengembangkan jaringan profesional Internasional yang dapat bermanfaat dalam kariernya di masa depan,” tuturnya.

Ia pun menambahkan bahwa dengan adanya program IISMA, para mahasiswa tidak hanya diberi kesempatan belajar dan mengembangkan dirinya di kampus ternama secara formal, namun juga dapat meningkatkan jejaring serta beragam pengalaman yang penting untuk memperkuat kompetensi baik secara akademik maupun non akademik.

“Dengan demikian, ke depannya para alumni IISMA sebagai SDM unggul akan memberi kontribusi terbaik bagi bangsa dan negara, serta mampu menjadi pemimpin yang menjunjung tinggi semangat kebangsaan,” tuturnya.

Senada dengan hal tersebut, Andi Rahardiyan Wijaya selaku Wakil Ketua IISMA mengungkapkan bahwa berkat networking yang bagus, banyak alumni dari program IISMA yang mendapatkan undangan untuk menyelesaikan skripsi serta berkesempatan melanjutkan studi S-2 nya di luar negeri.

Enrique Owen sebagai salah satu alumni IISMA tahun 2022 menyatakan bahwa program Merdeka Belajar ini telah mengubah hidupnya dan mewujudkan mimpinya untuk belajar di luar negeri dengan fasilitas yang sangat baik.

“Melalui IISMA, saya tidak hanya belajar di kelas, namun juga mendapat banyak pelajaran hidup. Mata saya pun terbuka bahwa betapa banyaknya orang pintar di luar sana sehingga mendorong saya untuk terus belajar. Selain itu saya juga mendapatkan banyak jejaring yang bermanfaat untuk kemajuan saya ke depannya,” ucap Enrique yang sempat berkuliah di Universitas Pennsylvania itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2156 seconds (0.1#10.140)