5 Negara di Eropa untuk Kuliah Jurusan Teknik Terbaik, Pilih Jerman atau Belanda?

Minggu, 09 Juli 2023 - 11:06 WIB
loading...
A A A
Baca juga: 3 Kampus Populer dengan Jurusan Teknik Geodesi Terbaik di Indonesia

3. Belanda


Belanda merupakan negara yang letak geografisnya berpermukaan rendah sehingga butuh lulusan teknik untuk merancang dan membangun tanggul untuk menghalangi gelombang badai.

Itu sebabnya banyak berkumpul para ahli di bidang teknik hidrolik, pengendalian dan perlindungan banjir, serta teknologi fondasi dan infrastruktur di sana.

Selain itu, Belanda juga unggul dalam rekayasa dan pemeliharaan sungai. Belanda juga memiliki industri kimia yang inovatif dalam memberikan kontribusi siginifikan terhadap perekonomian dunia.

Beberapa universitas terkemuka di Belanda untuk kuliah jurusan Teknik, antara lain Twente University, Wageningen University TNO, Delft University, dan Eindhoven University.

4. Italia


Italia, pusat fashion dunia itu ternyata memiliki sekitar 90 universitas yang didanai publik dimana terdiri dari pusat pascasarjana, politeknik dan jenis akademisi lain yang masuk dalam sektor perguruan tinggi.

Dari beragam universitas, politeknik kerap dijadikan pilihan oleh mahasiswa asing untuk menempuh studi.

Dalam bahasa Italia, “Politechico” atau politeknik bermakna universitas negeri yang hanya terdiri dari program studi di bidang Teknik, Arsitektur dan Desain. Salah satu politeknik terkenal adalah Politecnico di Milano.

Bagi kamu yang ingin menempuh studi di Italia juga tidak sulit berkat berkat kebijakan internasionalisasi yang kuat. Banyak program yang sepenuhnya diajarkan dalam bahasa inggris.

Beberapa ilmuan dan arsitek Italia yang pernah belajar di Politecnico di Milano, yaitu Renzo Piano dan Aldo Rossi (Peraih Pritzker Prize), serta Giulio Natta (Peraih nobel di bidang kimia). Salah satu universitas unggulan lain di Italia sebagai pilihan kuliah jurusan Teknik adalah University of Bologna.

5. Swiss


Belajar teknik di Swiss? Tentu terasa janggal rasanya mendengar hal ini mengingat negara ini terkenal dengan lanskapnya yang indah atau majunya industri perhotelan dan pariwisata. Namun, siapa sangka Swiss juga memiliki terobosan teknologi, sains dan mesin yang unggul.

Salah satu ilmuan terkenal yang studi di Swiss adalah Albert Einstein, penemu dan penggagas teori relativitas yang merupakan lulusan Swiss Federal Institute of Technology Zurich (ETH Zurich).

Beberapa peraih nobel yang merupakan lulusan ETH Zurich lainnya, yaitu Alfred Werner (Kimiawan Anorganik pertama), dan Werner Arber (Penemu endonuklease restriksi, pengembangan teknologi DNA rekombinan).

Demikian lima negara di Eropa dengan jurusan Teknik terbaik yang bisa kalian pilih untuk melanjutkan studi di luar negeri. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1204 seconds (0.1#10.140)