7 Trik Jitu Hadapi Dosen Killer, Pelajari Yuk BiarTak Diberi Nilai Jelek

Selasa, 11 Juli 2023 - 15:52 WIB
loading...
7 Trik Jitu Hadapi Dosen Killer, Pelajari Yuk BiarTak Diberi Nilai Jelek
Mahasiswa perlu memiliki strategi khusus untuk menghadapi dosen killer yang biasanya bersikap kurang simpatik terhadap mahasiswa. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini cara menghadapi dosen killer. Dosen kille r adalah sebutan dari mahasiswa segala jurusan untuk sosok dosen yang dianggap galak, atau pelit nilai dan kaku. Biasanya para mahasiswa akan menjauh atau menghindari ‘berurusan’ dengan dosen killer. Dirangkum dari berbagai sumber, ini 7 cara menghadapi dosen killer yang harus diketahui mahasiswa.

1.Pahami Karakter Dosen Killer

Pentingnya kalian untuk memahami karakter dosen killer. Ada beberapa kemungkinan sebagai berikut.Bisa jadi dosen killer memang punya karakter yang buruk atau memang sedang dalam kondisi yang buruk. Ada pula dosen yang bermasalah. Kebetulan pada periode tertentu, kondisi dosen tersebut sedang tidak baik. Salah satunya disebabkan oleh masalah pribadi yang memengaruhi pekerjaannya.

2.Rajin Kuliah

Dosen killer memang membuat kita malas kuliah. Namun, hal ini dapat merugikan kamu sendiri. Biasanya dosen killer juga hafal dengan dengan mahasiswa yang jarang masuk ke kelas. Jadi cara terbaik yang harus dilakuan adalah dengan cara rajin masuk ke kelas mata kuliah dosen killer tersebut.

3.Perhatikan Kriteria Penilaian

Di pertemuan pertama kuliah, biasanya dosen killer menjelaskan silabus atau rancangan materi yang akan dipelajari selama satu semester. Kemudian ada pula persentase nilai untuk setiap tugas dan poin-poin tambahan yang bisa menambahkan nilai.



Misalnya dosen yang memberlakukan penambahan nilai untuk mahasiswa yang aktif. Mengapa memperhatikan kriteria penilaian ini penting? Karena pada akhirnya dosen tersebut yang menilai kalian. Dengan memahami kriteria penilaiannya, kalian akan lebih mudah mengikuti kelasnya.

3.Menjadi Diri yang Disiplin


Kenyataan kalau kalian tidak mungkin mengontrol orang lain, apalagi dosen killer, yang perlu dilakukan adalah mendisiplinkan diri sendiri, misalnya dengan datang tepat waktu, kerjakan tugasnya dengan baik, aktif di kelas, bertanya jika butuh penjelasan, menjawab jika ditanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1420 seconds (0.1#10.140)