3 Cara Agar Bisa Kuliah Gratis di Luar Negeri, Berani Coba?

Rabu, 12 Juli 2023 - 14:06 WIB
loading...
3 Cara Agar Bisa Kuliah Gratis di Luar Negeri, Berani Coba?
Melanjutkan pendidikan di luar negeri adalah salah satu mimpi setiap pelajari di Indonesia.Untuk bisa berkuliah di luar negeri ada berbagai cara salah satunya mencari beasiswa. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ada 3 cara agar bisa kuliah di luar negeri dengan biaya 0 alias gratis . Melanjutkan pendidikan di luar negeri adalah salah satu mimpi setiap pelajari di Indonesia.

Sayangnya, berkuliah di luar negeri kendala utamanya yaitu biaya selalu membayang-bayangi pelajar dari Indonesia, mulai dari biaya hidup dan biaya pendidikan yang relatif tinggi.Namun, jangan khawatir saat ini ada banyak cara agar kamu bisa berkuliah di luar negeri dengan gratis.

Berbagai Cara Agar Bisa Kuliah di Luar Negeri dengan Biaya Gratis

1. Mendaftar Beasiswa Luar Negeri

Cara pertama, yang tentu saja kalian sudah ketahui yaitu dengan cara mendaftarkan diri melalui beasiswa.Di Indonesia sendiri ada banyak instansi pemerintah hingga swasta yang menawarkan beasiswa luar negeri bagi pelajar Indonesia.

Setiap beasiswa memiliki persyaratan khusus yang telah ditetapkan, namun umumnya persyaratan utama mendaftar beasiswa luar negeri yaitu melengkapi dokumen bahas TOEFL atau IELTS sebagai persyaratan utama.



Setelah melengkapi seluruh persyaratan dan dokumen yang diminta beberapa beasiswa luar negeri akan mengadakan seleksi berupa tes. Beberapa beasiswa luar negeri seperti Monbukagakusho (MEXT) Gakubu untuk jenjang S1.

Kemudian ada juga beasiswa dari pemerintah Indonesia yaitu LPDP yang memberikan kesempatan bagi pelajar Indonesia untuk berkuliah di luar negeri untuk program S2 dan S3.

2. Mendaftar Pertukaran Pelajar

Banyak orang yang beranggapan bahwa program pertukaran pelajar tidak memberi kesempatan para peserta untuk konsentrasi belajar selama di luar negeri.Nyatanya, program pertukaran pelajar akan sangat bermanfaat bagi peserta yang terpilih.

Bagi kamu yang tertarik ikut program pertukaran pelajar mulai dari sekarang agar menunjukkan prestasi akademik dan non akademik kamu agar dilirik untuk mengikuti program ini.Kamu juga agar aktif dalam berorganisasi dan mengembangkan skill berbahasa asing kamu, serta memiliki pemahaman yang dalam tentang budaya daerah agar bisa kamu sampaikan ketika mengikuti program pertukaran pelajar.

3. Mencari Tahu Negara dengan Biaya Kuliah Gratis

Mungkin banyak yang belum mengetahui kalau beberapa negara menggratiskan biaya kuliah bagi mahasiswanya.Beberapa negara di antaranya seperti Jerman, Norwegia, Finlandia, Swedia, Slovenia, Prancis, dan Denmark. Semua universitas yang ada di negara tersebut tidak dipungut biaya pendidikan alias gratis.



Tidak cuman diperuntukkan bagi warga lokal, program biaya kuliah gratis ini juga diperuntukkan mahasiswa internasional.Namun, perlu kamu ketahui yang gratis hanyalah biaya pendidikan saja.Bagi kamu yang ingin kuliah dengan biaya pendidikan gratis di beberapa negara tersebut tetap harus mengeluarkan dana untuk biaya kehidupan sehari-hari selama berkuliah di sana.

Tips Sukses Agar Bisa Berkuliah di Luar Negeri

1. Belajar Bahasa Asing
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3038 seconds (0.1#10.140)