Guru Besar UNJ: Strategi Komunikasi Berperan Penting untuk Membangun Indonesia

Kamis, 13 Juli 2023 - 08:30 WIB
loading...
Guru Besar UNJ: Strategi Komunikasi Berperan Penting untuk Membangun Indonesia
Prof Dr Fathiaty Murtadho pada Pengukuhan Guru Besar UNJ, Selasa (12/7/2023). Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Strategi komunikasi berperan penting dalam membangun Indonesia menjadi bangsa yang maju. Komunikasi efektif pun dapat menghubungkan berbagai pihak, mempengaruhi pandangan, dan sikap masyarakat.

Hal ini disampaikan Prof Dr Fathiaty Murtadho pada Pengukuhan Guru Besar Bidang Ilmu Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Rabu (12/7/2023).

Pada orasi ilmiahnya yang berjudul Merencanakan Indonesia Baru dari Sudut Komunikasi, Prof Fathiaty mengatakan, strategi komunikasi memiliki peran penting dalam membangun Indonesia menjadi bangsa yang maju.

Komunikasi yang efektif dapat menghubungkan berbagai pihak, mempengaruhi pandangan dan sikap masyarakat, serta mendorong kerja sama yang lebih baik antara pemerintah, sektor swasta, masyarakat sipil, dan semua stakeholder terkait.

Menurutnya, beberapa peran strategi komunikasi dalam membangun Indonesia menjadi bangsa yang maju adalah membangun kesadaran dan pemahaman, membangun citra positif, mendorong partisipasi masyarakat, meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, mendorong inovasi dan kolaborasi, dan mengatasi kesenjangan informasi

Baca juga: 3 Cara Agar Bisa Kuliah Gratis di Luar Negeri, Berani Coba?

Dia menjelaskan, untuk menyiapkan mahasiswa agar mampu menerapkan strategi komunikasi yang baik yang dapat mendukung kemajuan Indonesia, berikut beberapa langkah yang dapat diambil adalah pertama, kurikulum yang terintegrasi, pelatihan keterampilan komunikasi, dan pengembangan kepekaan lintas budaya.

"Langkah selanjutnya adalah penerapan teknologi komunikasi, pengalaman praktis, dan pembelajaran sepanjang hayat," ungkapnya.

Guru Besar UNJ: Strategi Komunikasi Berperan Penting untuk Membangun Indonesia

Prof Dr Fathiaty Murtadho bersama suami. Foto/Istimewa.

Dengan mengambil langkah-langkah ini, diharapkan mahasiswa akan memiliki keterampilan komunikasi yang baik yang akan mendukung kemajuan Indonesia. Komunikasi yang efektif akan membantu dalam membangun hubungan yang kuat, mengatasi perbedaan, menyampaikan ide-ide dengan jelas, dan mempengaruhi positif masyarakat serta perkembangan bangsa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5834 seconds (0.1#10.140)