10 Jurusan IPS Sepi Peminat Tapi Dibutuhkan Dunia Kerja, Peluang Karier Cerah

Kamis, 13 Juli 2023 - 11:48 WIB
loading...
10 Jurusan IPS Sepi Peminat Tapi Dibutuhkan Dunia Kerja, Peluang Karier Cerah
Jurusan Pendidikan Pramugari merupakan salah satu jurusan IPS yang sepi peminat padahal prospek kerjanya ke depannya dinilai sangat menjanjikan. Foto/laman sekolah penerbangan Indonesia.
A A A
JAKARTA - Jurusan kuliah IPS ini jarang diminati tapi menjanjikan prospek kerja bagus di masa depan.Kamu dari jurusan IPS yang ingin mendaftarkan diri di Kelompok Sosial Hukum (Soshum) pasti mempertimbangkan banyak hal.

Persaingan yang ketat membuat pendaftar memikirkan jurusan lain yang berpeluang tinggi menerimanya.Tentunya pemilihan jurusan tersebut juga mempertimbangkan prospek kerjanya.Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 10 jurusan IPS yang jarang diminati padahal memiliki peluang kerja bagus di masa depan.

10 Jurusan IPS Kurang Diminati tapi Menjanjikan Prospek Kerja Bagus

1.Jurusan Ekonomi Pembangunan

Jika kamu tertarik dengan dunia ekonomi beserta persoalan yang terjadi terkait pembangunan, cobalah mendaftar Jurusan Ekonomi Pembangunan.Kamu akan mempelajari banyak hal terkait pembangunan yang akan dilakukan, sedang dilakukan, dan sudah dilakukan, terutama di negara berkembang.

Dasar yang diperlukan untuk studi di jurusan ini adalah ekonomi, statistika, dan matematika. Setelah lulus dari Jurusan Ekonomi Pembangunan, kamu dapat bekerja sebagai perencana keuangan, pembuat kebijakan-kebijakan yang terkait pembangunan, pengajar, hingga ekonom.

2.Jurusan Kriminologi

Berbagai macam kejahatan yang muncul perlu diselesaikan dengan baik. Oleh karena itu, Jurusan Kriminologi membekali para mahasiswanya untuk belajar teori serta praktik terkait tindakan kriminal, baik di skala nasional maupun internasional.

Apabila kamu tertarik dengan cerita detektif dan ingin menuntaskan kasus-kasus sulit, jurusan ini bisa menjadi tujuan. Peluang kerja lulusan Jurusan Kriminologi juga luas, seperti bekerja di bidang rekam jejak kepolisian, sebagai analis intelijen, detektif, investigator, dan bidang lainnya yang membutuhkan skill bidang tindakan kriminal.

3.Jurusan Pendidikan Pramugari

Jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan untuk wanita salah satunya adalah Jurusan Pendidikan Pramugari. Berbekal keinginan kuat untuk mempelajari dunia penerbangan, kamu bisa mendaftar jurusan ini.



Tentu tidak hanya mata kuliah tentang pramugari saja yang akan didapatkan, tetapi juga materi tentang penerbangan, pelayanan pada penumpang pesawat, dan sebagainya.

4.Jurusan Manajemen Pendidikan

Karier yang ada di bidang pendidikan tidak hanya sebagai guru saja. Ada Jurusan Manajemen Pendidikan yang memungkinkanmu untuk belajar lebih banyak terkiat kebijakan-kebijakan di bidang pendidikan, manajemen serta pengembangan Sumber Daya Manusia, pengembangan kurikulum, dan masih banyak lagi.

Lulusan jurusan ini akan menguasai bidang perencanaan, pengelolaan, hingga pengawasan fasilitas pendidikan. Setelah lulus dari Jurusan Manajemen Pendidikan, kamu bisa menjadi konselor edukasi, dosen, dan bekerja di profesi lainnya terkait bidang pendidikan.

5.Jurusan Tata Rias dan Kecantikan

Jurusan kuliah IPS yang menjamin masa depan untuk perempuan yang bisa kamu pilih jika tertarik pada dunia make up adalah Jurusan Tata Rias dan Kecantikan.

Sebenarnya, jurusan ini juga bisa dipilih oleh laki-laki, tetapi peminat terbanyak jurusan ini adalah perempuan. Ada banyak materi kuliah yang akan kamu dapatkan, seperti teknik-teknik merias wajah, menata rambut, memotong rambut, sangggul, dan masih banyak lagi.

6.Jurusan Tata Busana

Mimpi menjadi seorang desainer pakaian bisa kamu raih dengan menempuh studi di Jurusan Tata Busana. Di beberapa kampus, Jurusan Tata Busana disebut dengan Jurusan Fashion Design.

Materi kuliah yang akan kamu dapatkan berkaitan erat dengan desain pola baju, produksi baju, kain dan penggunaannya, serta bisnis di bidang fashion.Selain bisa berwirausaha, setelah lulus dari Jurusan Tata Busana kamu juga bisa menjadi fashion stylist dan fashion designer.

7.Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial

Jurusan kuliah untuk anak IPS yang cocok untuk kamu penyuka isu-isu sosial adalah Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial. Jurusan ini juga diminati siswa IPS yang memiliki jiwa sosial tinggi.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1748 seconds (0.1#10.140)