Riwayat Pendidikan Rosan Roeslani, Alumni SMA Pangudi Luhur Kini Menjadi Wamen BUMN

Senin, 17 Juli 2023 - 11:27 WIB
loading...
Riwayat Pendidikan Rosan Roeslani, Alumni SMA Pangudi Luhur Kini Menjadi Wamen BUMN
Rosan Roeslani resmi dilantik sebagai Wakil Menteri BUMN hari ini, Senin (17/7/2023) di Istana Negara, Jakarta. Foto/Instagram @rosanroeslani.
A A A
JAKARTA - Rosan Roeslani resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara ( Wamen BUMN ). Rosan sebelumnya menjabat sebagai Duta Besar Amerika Serikat sejak 2021.

Sebelumnya jabatan Wamen BUMN dipegang oleh Pahala Mansury yang pada pelantikan di Istana Negara hari ini, Senin (17/7/2023) dipercaya oleh Jokowi menjadi Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu).

Pria dengan nama lengkap Rosan Perkasa Roeslani ini lahir di Jakarta, 31 Desember 1968. Rosan yang juga dikenal sebagai pengusaha kondang menamatkan sekolah menengah atas di SMA Pangudi Luhur, Jakarta.

SMA Pangudi Luhur (PL) dikenal sebagai salah satu sekolah homogen favorit di Jakarta. Selain Rosan, alumninya yang terkenal antara lain Sandiaga Uno, Bambang Brodjonegoro, hingga Agus Martowidjojo. Rosan tercatat saat ini menjadi anggota Dewan Penasihat Ikatan Alumni Pangudi Luhur (IKA PL).

Dikutip dari laman Kemenkeu, Rosan Roeslani menempuh pendidikan S1 Keuangan di Oklahoma State University, Stillwater, Oklahoma (1988-1992) dan meraih gelar MBA dari European University, Antwerpen, Belgia (1993-1994).

Baca juga:Rekam Jejak Pendidikan Wamenlu Pahala Mansury, Alumni Kampus Bisnis Bergengsi Amerika

Rosan juga sebagai mantan Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) 2015-2021. Sebelumnya dia memulai perjalanan profesionalnya di biddang keuangan dan kewirausahaan dengan menjadi Penasihat Keuangan Asosiasi Koperasi Batik Indonesia ( 1997-2002) dan Wakil Bendahara Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (2005-2008).

Selama menjabat sebagai Ketua KADIN, Pemerintah Belgia menganugerahkannya sebagai Panglima dalam bidang Leopold Belgia sebagai pengakuan atas inovasi dan kontribusinya dalam lebih memajukan hubungan perdagangan dan industri antara Indonesia dan Belgia.

Rosan yang senang menjadi penyelam laut yang rajin yang juga menyukai makanan laut ini pernah memimpin beberapa program besar yang dipimpin pemerintah, seperti Ketua Misi Kontingen Olimpiade Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020 (2021) dan Wakil Ketua COVID-19. -19 Komite Respon dan Pemulihan Ekonomi Nasional/KPC-PEN (2020-2021).

Baca juga: Riwayat Pendidikan Paiman Raharjo, Rektor Universitas Moestopo yang Dilantik Jadi Wamendes PDTT

Rosan juga telah terlibat dalam sejumlah inisiatif strategis pemerintah sebagai perwakilan sektor swasta utama termasuk Ketua Satgas Cipta Kerja Omnibus Law Indonesia (2019-2021) dan Ketua Badan Penasihat Badan Arbitrase Nasional (BANI) (2019- 2021).

Rosan juga menjabat sebagai Wakil Ketua Courtesy Board Masyarakat Ekonomi Syariah Indonesia (MES) dan Ketua
Persatuan Angkat Besi Indonesia/PABSI sejak tahun 2015.

Demikian profil Rosan Roeslani yang kini menjabat Wakil Menteri BUMN mendampingi Menteri BUMN Erick Tohir yang dinilai menjadi sosok Wamen yang siap melanjutkan transformasi BUMN. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1356 seconds (0.1#10.140)