Jurusan Teknik Kimia setelah Lulus Kerja Dimana?Simak Peluang Kariernya

Kamis, 20 Juli 2023 - 10:39 WIB
loading...
Jurusan Teknik Kimia setelah Lulus Kerja Dimana?Simak Peluang Kariernya
Lulusan Teknik Kimia bisa bekerja sebagai peneliti di pabrik, perusahaan, atau lembaga penelitian yang membutuhkan lulusan teknik khusus untuk mengembangkan produk tertentu.Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini peluang karier lulusan jurusan Teknik Kimia. Kimia merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang cukup menarik. Ada jurusan teknik untuk kimia, pendidikan kimia, hingga kimia murni sebagai beberapa turunan dari cabang ilmu ini.

Anda yang tertarik dengan kimia, bisa masuk ke salah satu jurusan asli atau turunan darinya. Ketika seseorang memilih untuk kuliah, tentunya mereka juga memikirkan apa prospek kerja, termasuk juga jurusan Teknik Kimia. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut prospek kerja jurusan Teknik Kimia

Prospek Kerja Jurusan Teknik Kimia

1. Enviroment Risk Accessor

Profesi pertama yang bisa Anda pertimbangkan adalah profesi environment risk accesstor. Pekerjaan ini memiliki tugas untuk menilai resiko kesehatan di lingkungan kerja, dengan begitu pihak pabrik, perusahaan, ataupun pekerja tidak mengalami kesulitan untuk melakukan proses produksi.

Selain memberikan lingkungan kerja yang nyaman dan aman, environment risk accesstor juga harus mempertimbangkan limbah yang menjadi bahan buangan pabrik. Mereka yang memiliki profesi ini harus mempertimbangkan bagaimana limbah tersebut dapat dibuang dengan aman tanpa merusak lingkungan.

2. Research and Development

Lulusan teknik kimia juga bisa bekerja sebagai RnD atau research and development. Di pekerjaan ini, tugas Anda adalah merancang, melaksanakan serta melaporkan kegiatan yang berkaitan dengan proses penelitian dan pengembangan di sebuah instansi, baik swasta ataupun pemerintah.

Tanggung jawab lain yang dimiliki oleh RnD adalah melakukan riset produk dan riset pasar, sehingga setiap produk yang dibuat oleh pabrik bisa sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Pekerjaan ini juga mengharuskan Anda untuk mengembangkan produk baru yang lebih baik dari produk sebelumnya.

3. Peneliti

Nantinya Anda sebagai lulusan jurusan Teknik Kimia bisa bekerja di pabrik, perusahaan, atau lembaga penelitian yang membutuhkan lulusan tekhnik khusus di bidang kimia untuk mengembangkan produk tertentu.



Tugas utama lulusan teknik kimia yang menjadi peneliti adalah mengembangkan produk kimia yang sesuai dengan perusahaan tersebut dan kebutuhan masyarakat. Selain di perusahaan atau pabrik kimia, nantinya peneliti lulusan jurusan ini juga bisa bekerja di perminyakan atau farmasi.

4. Quality Control

Peluang kerja untuk lulusan jurusan ini masih banyak, salah satunya adalah quality control. Untuk pekerjaan ini, sesuai dengan namanya, Anda harus melakukan pengontrolan terhadap mutu suatu produk yang dipasarkan oleh perusahaan tersebut.

Tidak hanya memastikan produk tersebut aman untuk digunakan, namun juga membuat visualnya menarik sehingga masyarakat tertarik untuk melakukan pembelian. Pengujian juga dilakukan agar produk tersebut tidak memberikan dampak buruk bagi kesehatan ataupun lingkungan.

5. Industri Pangan

Bagi kamu yang memiliki ketertarikan di dunia pangan, makan kuliah di jurusan teknik kimia adalah pilihan yang tepat.
Karena, industri pangan erat hubungannya dengan teknik kimia dan lulusan teknik kimia memiliki dasar pengetahuan terkait sifat fisis, mikrobiologi, dan kimia dari pangan maupun proses pengolahannya.

Bekerja di bagian industri pangan bertanggung jawab terhadap rekayasa proses pengolahan pangan yang memenuhi SOP serta pemilihan bahan baku. Selain itu, lulusan jurusan teknik kimia di bidang ini juga bertugas memastikan proses pengolahan limbah berjalan dengan baik agar tidak mencemari lingkungan.

6.Pertambangan dan Perminyakan

Lulusan jurusan teknik kimia rupanya memiliki prospek bekerja di industri pertambangan dan perminyakan karena beberapa ilmu yang dipelajari selama kuliah dapat diaplikasikan di bidang ini seperti termodinamika dan mekanika fluida.



Selain bertanggung jawab pada proses berlangsungnya pengeboran minyak, sebagai lulusan jurusan teknik kimia di bidang ini, kamu juga mempelajari bagaimana mengkalkulasi dan menganalis proses pengeboran dan pertambangan tidak menghasilkan banyak emisi yang dapat mencemarkan lingkungan.

7.Kesehatan dan Keselamatan Lingkungan

Bidang ini bertanggung jawab dalam merancang teknologi dan sistem yang diimplementasikan untuk mencegah, mengendalikan berbagai risiko kerusakan alam, serta pemulihan kerusakan lingkungan. Rata-rata gaji yang bekerja di bidang kesehatan dan keselamatan lingkungan berkisar Rp3 juta hingga Rp12 juta per bulan.

8.Sales Engineer

Sales engineer bertugas menawarkan dan memasarkan produk dan layanan suatu industri. Bagi kamu lulusan jurusan teknik kimia yang ingin bekerja sebagai sales engineer maka kamu dituntut memiliki kemampuan berkomunikasi dan wawasan terkait produk yang akan ditawarkan dengan baik.Selain itu, memiliki skill mempresentasikan produk sangat penting karena hal ini yang nantinya akan menarik minat calon konsumen.

Gaji Lulusan Teknik Kimia

1.Mengutip dari Federal Reserve (The Fed) New York, lulusan Teknik Kimia di Amerika Serikat rata-rata mengantongi gaji per tahun sebesar USD75.000 atau sekitar Rp1,13 miliar (asumsi kurs Rp15.183/USD)

Pengertian Jurusan Teknik Kimia

Jurusan ini akan mempelajari bagaimana cara merancang alur produk pada pabrik, berbeda dengan jurusan kimia murni atau pendidikan kimia yang memang berfokus di pengembangan bidang akademik.Meskipun merancang alur produk, jurusan ini juga berbeda dengan jurusan teknik yang mempelajari cara pengelolaan pabrik secara keseluruhan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1730 seconds (0.1#10.140)