Jurusan Teknik Kimia setelah Lulus Kerja Dimana?Simak Peluang Kariernya

Kamis, 20 Juli 2023 - 10:39 WIB
loading...
A A A
Meskipun memiliki nama ‘kimia’ dalam jurusannya, ternyata teknik kimia memiliki mata kuliah beragam. Anda bisa menemukan mata kuliah Fisika atau Matematika di dalam jurusan ini, sehingga Anda yang dulunya masuk ke jurusan ini dengan bermodalkan ‘suka kimia’ saja harus dipertimbangkan ulang.

Terdapat perbedaan antara jurusan ini dengan jurusan teknik, untuk Anda yang masih kurang paham dengan detailnya, berikut adalah informasi penting yang harus Anda ketahui.

Jurusan Kimia

Di jurusan ini, Anda akan lebih diarahkan untuk menjadi seorang peneliti. Misalnya mengenai buah-buahan, Anda akan menganilis apa saja kandungan di dalam buah tersebut dan apa manfaatnya. Nantinya dengan pengetahuan tersebut, Anda bisa memberikan kesimpulan apakah bahan tersebut bisa dimanfaatkan untuk pembuatan produk tertentu.

Jurusan Teknik Kimia

Untuk jurusan ini, Anda lebih mempelajari bagaimana cara mengekstrak buah jeruk dalam skala besar, bukan hanya satuan. Misalnya, Anda harus mempertimbangkan pabrik yang digunakan untuk merancang, bahan baku apa yang dipakai, hingga standar keamanan pabrik yang dipakai.

Apabila sarjana kimia nantinya melakukan riset, maka sarjana teknik kimia akan berusaha untuk mengembangkan pabriknya menjadi skala yang lebih besar.
(wyn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2038 seconds (0.1#10.140)