10 PTS Terbaik di Semarang Versi UniRank 2023 dan Pilihan Fakultas yang Tersedia

Kamis, 20 Juli 2023 - 14:00 WIB
loading...
10 PTS Terbaik di Semarang Versi UniRank 2023 dan Pilihan Fakultas yang Tersedia
10 PTS terbaik di Semarang versi UniRank 2023 dengan informasi fakultas yang tersedia di masing-masing kampus. Foto/Unika Soegijapranata.
A A A
JAKARTA - Sejumlah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Semarang, Jawa Tengah berhasil masuk daftar UniRank 2023. Berikut ini 10 universitas terbaiknya berikut fakultas yang tersedia.

Mendengar Kota Semarang yang terlintas pertama kali mungkin kuliner khasnya Lumpia. Kuliner ini juga yang mendasari mengapa Semarang dijuluki sebagai Kota Lumpia.

Semarang juga dikenal sebagai surga makanan enak dan terjangkau bagi mahasiswa. Dengan beragam tempat wisata yang bagus dan terjangkau, seperti Lawang Sewu juga Kota Lama Semarang maka tak heran banyak mahasiswa perantau yang memilih kuliah di Semarang.

Sebagai ibu kota provinsi Jawa Tengah, tak mengherankan jika di kota ini banyak berdiri kampus baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun kampus swasta.

Untuk kampus negeri, sudah lama dikenal keberadaan Universitas Diponegoro (Undip) ataupun Universitas Negeri Semarang (Unnes). Namun bagaimana dengan PTSnya?

Dikutip dari daftar UniRank 2023, berikut ini 10 PTS terbaik di Semarang berikut fakultas yang tersedia yang dikutip dari masing-masing laman resmi kampus.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Kesehatan yang Perlu Diketahui, Catat Bukan Hanya Kedokteran

Top 10 PTS di Semarang Berdasarkan UniRank 2023

1. Universitas Katolik Soegijapranata

Universitas Katolik Soegijapranata berdiri pada 5 Agustus 1982 dan telah meraih akreditasi unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Unika Soegijapranata saat ini memiliki sejumlah fakultas yaitu Fakultas Arsitektur dan Desain, Bahasa dan Seni, Ekonomi dan Bisnis, Hukum dan Komunikasi, Ilmu dan Teknologi Lingkungan, Ilmu Komputer, Kedokteran, Psikologi, Teknik, Teknologi Pertanian, dan Program Khusus seperti Akuntansi dan Informasi, IUP, dan Profesi Insinyur.

2. Universitas Dian Nuswantoro

Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) telah berdiri 12 tahun di Indonesia. Udinus memiliki sejumlah fakultas yaitu Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Teknik, dan Fakultas Kesehatan.

3. Universitas Sains dan Teknologi Komputer

Universitas Sains dan Teknologi Komputer (Universitas STEKOM) didirikan pada 1986 diawali dengan sebuah kursus komputer dan elektronika PAT.

Saat ini Universitas STEKOM memiliki sejumlah jurusan kuliah S1 dan D3 di antaranya Desain Komunikasi Visual, Sistem Komputer, Sistem Informasi, Komputer Akuntansi. Teknik Komputer, Manajemen Perdagangan, hingga Kewirausahaan.

4. Universitas Muhammadiyah Semarang

Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) dirintis pendiriannya sejak 1996. Hingga saat ini Unimus telah memiliki 33 Program Studi yang terdiri dari empat Program Profesi, 20 Program S1, satu (satu) Program Studi D4, dan empat Program D3, dan tiga Program S2.

5. Universitas Semarang

Universitas Semarang (USM) berdiri pada 23 Juni 2987 dengan bentuk awal Politeknik Semarang. Saat ini lebih dari 22.000 mahasiswa kuliah di USM.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1186 seconds (0.1#10.140)