Perbedaan Ospek Jurusan, Ospek Fakultas dan Ospek Kampus, Ini Informasinya

Senin, 24 Juli 2023 - 14:08 WIB
loading...
Perbedaan Ospek Jurusan, Ospek Fakultas dan Ospek Kampus, Ini Informasinya
Meski sama-sama berupa acara penyambutan mahasiswa baru, tetapi ada perbedaan antara ospek jurusan, ospek fakultas dan ospek universitas. Foto/Dok Sindonews
A A A
JAKARTA - Perbedaan Ospek Jurusan, Fakultas dan Ospek Kampus ini wajib diketahui mahasiswa baru. Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus(Ospek) menjadi hal yang dilalui calon mahasiswa baru di kampus masing-masing.

Pengenalan mahasiswa terhadap kampusnya masing-masing ini diekspresikan berbeda-beda antar universitas. Bahkan untuk jenisnya, ada perbedaan antara Ospek Jurusan, Ospek Fakultas dan Ospek Universitas. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut perbedaan ketiganya.

Perbedaan Ospek Jurusan, Fakultas dan Ospek Universitas

Pengertian Ospek

Merujuk pada SK Dirjen Dikti Nomor 38/DIKTI/Kep/2000 tentang Pengaturan Kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru di Perguruan Tinggi, ospek (Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus) dimaknai sebagai kegiatan yang bertujuan guna memberikan pengenalan awal bagi mahasiswa baru terhadap berbagai aspek kehidupan perguruan tinggi seperti statuta (pedoman) universitas, peraturan akademik, sistem kurikulum, cara belajar di perguruan tinggi, etika mahasiswa, organisasi kemahasiswaan dan segala sesuatu yang terkait kampus.

Ospek untuk mahasiswa baru juga cukup penting sebagai pintu awal masuk menuju kehidupan kampus dan budaya akademis.
Orientasi studi akan memberikan arah termasuk bimbingan terhadap suatu proses studi yang terdapat di perguruan tinggi terkhusus yang diberikan kepada para mahasiswa baru. Untuk lebih mengetahui secara detail perbedaan Ospek Jurusan, Ospek Fakultas dan Ospek Universitas, berikut ulasannya

1.Ospek Jurusan

Ospek jurusan ruang lingkupnya semakin kecil dan hanya berisi mahasiswa-mahasiswa baru yang berada di jurusan terkait.
Perbedaannya dengan ospek kampus dan fakultas adalah di ospek jurusan mahasiswa baru akan lebih dikenalkan dengan budaya jurusan, para dosen dan ketua jurusan, ruang kuliah dan apa saja yang akan dipelajari mahasiswa di jurusan tersebut.

Kamu juga akan dikenalkan dengan visi misi dari jurusan, prospek pekerjaan setelah lulus dan lain sebagainya. Di ospek jurusan kamu juga langsung dilatih pembentukan karakternya oleh para kakak tingkat satu jurusan tentang kedisiplinan, kejujuran dan lain sebagainya.



Ospek jurusan biasanya dibentuk kepanitiaan oleh organisasi himpunan mahasiswa jurusan terkait. Kebanyakan waktu yang dibutuhkan oleh ospek jurusan sekitar 3 sampai 4 hari.

2.Ospek Fakultas

Ospek fakultas adalah kegiatan orientasi mahasiswa baru yang dilaksanakan di fakultas masing-masing. Ospek fakultas dipimpin oleh dekan fakultas dan disusun oleh BEM tingkat fakultas serta dibantu kepanitiaan ospek. Mahasiswa baru dalam ospek fakultas juga akan mendapatkan materi yang berhubungan dengan fakultasnya masing-masing.

3.Ospek Kampus

Ospek kampus atau universitas merupakan kegiatan ospek pertama yang pasti dilalui oleh mahasiswa baru. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah sebagai pengenalan secara umum dari segi budaya kampus, aturan dan segala hal terkait universitas.

Ospek kampus kebanyakan wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru karena akan dikenalkan dengan UKM tingkat universitas lokasi-lokasi bangunan kampus, Tri Dharma Perguruan Tinggi, mengenal rektor dan pejabat tinggi universitas lainnya.
Ospek kampus diselenggarakan oleh kepanitiaan dibawah BEM Universitas. Ospek kampus cenderung dilaksanakan cukup singkat karena hanya bersifat seremonial yakni 1 sampai 2 hari.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1244 seconds (0.1#10.140)