Jurusan Kesehatan Masyarakat, Alasan Mempelajari dan Peluang Kerjanya di Masa Depan

Senin, 24 Juli 2023 - 18:49 WIB
loading...
Jurusan Kesehatan Masyarakat, Alasan Mempelajari dan Peluang Kerjanya di Masa Depan
Jurusan atau Program Studi (Prodi) Kesehatan Masyarakat adalah sebuah jurusan yang fokus mempelajari ilmu mengenai pencegahan dan pengobatan.Salah satu prospek kerja jurusan ini adalah menjadi Epidemiologi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ingin ambil jurusan Kesehatan Masyarakat ? Ini gelar dan prospek kerjanya.Jurusan atau Program Studi (Prodi) Kesehatan Masyarakat adalah sebuah jurusan yang fokus mempelajari ilmu mengenai pencegahan dan pengobatan.

Bidang ilmu satu ini juga memiliki tugas spesifik untuk menyosialisasikan kesehatan sosial, hubungan antar manusia dan lingkungan hingga metode pencegahan suatu penyakit, memelihara kesehatan di kawasan tertentu maupun di lingkup dunia kerja.

Jika kamu merasa tertarik untuk mempelajari dan masuk ke jurusan Kesehatan Masyarakat, maka ulasan mengenai apa gelar hingga prospek kerjanya perlu kamu baca hingga akhir.

Mengenal Prodi Kesehatan Masyarakat dan Prospek Kerja

Sebelum masuk pada pembahasan utama mengenai jurusan Kesehatan Masyarakat tersebut, mari pahami dulu apa yang dimaksud dengan jurusan tersebut.



Prodi Kesehatan Masyarakat adalah ilmu yang secara spesifik mempelajari mengenai pencegahan serta pengobatan penyakit.
Bidang ilmu ini juga bertujuan menjaga dan mempromosikan kesehatan sosial di lingkungan sekitar dan mengkampanyekan mengenai metode-metode dari pencegahan penyakit.

Para mahasiswa yang nantinya memilih prodi Kesehatan Masyarakat, akan mempelajari juga mengenai ilmu gizi, manajemen dan administrasi kesehatan, hingga proses penyuluhan kesehatan di lingkungan masyarakat.

Alasan Jurusan Kesehatan Masyarakat Patut Diperhitungkan

Cukup banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh jika menjadi seorang lulusan Jurusan Kesehatan Masyarakat. Nah, berikut ini beberapa alasan mengapa jurusan Kesehatan Masyarakat yang patut untuk kamu perhitungkan.

• Mahasiswa yang nantinya lulus dari jurusan ini akan mempunyai kompetensi untuk menjawab kebutuhan dalam penanganan epidemiologi, perancangan, hingga agen keselamatan dan kesehatan kerja di masyarakat.

• Mahasiswa yang menjadi lulusan ahli kesehatan masyarakat akan berada di garda terdepan dalam rangka mengedukasi masyarakat luas.

• Pemerintah Indonesia membutuhkan banyak Sarjana Kesehatan Masyarakat dalam menangani permasalahan kesehatan di lingkungan yang semakin kompleks.

• Para lulusan kesehatan masyarakat dibutuhkan di berbagai sektor. Jadi kamu tak perlu takut tak memiliki prospek pekerjaan atau karier.


Peluang Karier Lulusan Jurusan Kesehatan Masyarakat

1.Profesi Administrator Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Prospek kerja yang pertama jika kamu adalah seorang lulusan jurusan Kesehatan Masyarakat adalah menjadi seorang administrator pelayanan kesehatan atau yang juga dikenal dengan healthcare administrator. Pekerjaan satu ini sangat lumrah dipilih dan ditekuni para lulusan program studi Kesehatan Masyarakat. Agar kamu dapat menjajal pekerjaan sebagai seorang administrator, kamu harus lulus S1 terlebih dahulu.

2.Profesi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Jenjang karier kedua yang akan kamu dapatkan jika lulus sebagai seorang sarjana Kesehatan Masyarakat adalah dapat berkarier di bidang K3 atau Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Seperti yang sudah diulas sebelumnya, lulusan Kesehatan Masyarakat mempunyai cakupan yang luas sebab ada banyak hal yang akan kamu pelajari.

Itulah mengapa lulusan ilmu kesehatan masyarakat dapat bekerja di bidang K3 tersebut. Apalagi masing-masing perusahaan sudah menerapkan K3. makanya peluang kerja untuk kamu pun terbuka cukup luas.

3.Profesi Biostatistician

Prospek karier atau jenjang pekerjaan dari lulusan Kesehatan Masyarakat adalah menjadi seorang Biostatistician. Mungkin kamu agak asing dengan profesi satu ini. Padahal profesi ini cukup diminati dan menjadi salah satu profesi yang dapat dipilih jika kamu menjadi seorang lulusan prodi Kesehatan Masyarakat. Kamu akan sering berhubungan dengan data yang ada di lapangan dan segera menganalisanya demi kegiatan pengembangan di bidang kesehatan.

4.Profesi Epidemiologi

Prospek kerja jurusan kesehatan masyarakat berikutnya adalah Epidemiolog. Epidemiologi merupakan satu cabang di bidang kesehatan yang berkaitan erat dengan insiden, penyebaran, hingga pengendalian penyakit pada populasi tertentu.

Dalam profesi ini, kamu akan dituntut untuk mempunyai keahlian dalam melakukan penyelidikan penyakit menular serta mencari tahu bagaimana cara pencegahan hingga pengobatannya. Tugas lain dari seorang Epidemiolog adalah membuat perencanaan program kesehatan sampai mengawasi apakah program tersebut sukses dan berhasil saat dijalankan.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1723 seconds (0.1#10.140)