Jurusan Kuliah 5 Rektor PTN Ternama Indonesia, Ada yang Satu Almamater?

Rabu, 26 Juli 2023 - 07:40 WIB
loading...
Jurusan Kuliah 5 Rektor...
Jurusan kuliah 5 rektor PTN ternama di Indonesia. Mulai dari UI hingga IPB University. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Lima rektor di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ini memiliki riwayat pendidikan yang menarik untuk diketahui. Simak yuk kampus dan jurusan kuliah mereka.

Rektor adalah jabatan tertinggi di suatu perguruan tinggi. Biasanya para rektor ini akan dipimpin oleh sejumlah wakil rektor yang menangani bidang yang berbeda-beda.

Contohnya Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Wakil Rektor Bidang Kerja Sama, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Keuangan, dan lainnya.

Pemilihan rektor di PTN melalui berbagai tahapan yang dimulai dari penjaringan bakal calon oleh senat. Penjaringannya pun akan melihat rekam jejak, termasuk riwayat pendidikannya.

Berikut ini jurusan kuliah lima rektor PTN yang kampusnya masuk Top 5 QS World University Rankings (QS WUR) 2024.

Baca juga: Kunjungi MNC Portal Indonesia, Mahasiswa Fisip UBK Berdiskusi Soal Independensi Media

Jurusan Kuliah 5 Rektor PTN di Indonesia

1. Prof Ari Kuncoro, Rektor Universitas Indonesia (UI)


Universitas Indonesia (UI) yang dikenal dengan Kampus Perjuangan saat ini dipimpin oleh Prof Ari Kuncoro yang lahir pada tahun 1962 untuk masa jabatan 2019-2024. Ari Kuncoro merupakan Guru Besar Bidang Ilmu Ekonomi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UI.
Jurusan Kuliah 5 Rektor PTN Ternama Indonesia, Ada yang Satu Almamater?


Rektor UI Prof Ari Kuncoro. Foto/UI.

Mantan Dekan FEB UI ini memulai masa perkuliahannya dengan berkuliah jenjang sarjana di FEB UI dengan konsentrasi Ekonomi Moneter, Dia melanjutkan kuliah master of arts dari University of Minessota, dan meraih gelar Ph.D-nya dalam bidang Ilmu Ekonomi dari Brown University.

2. Prof dr Ova Emilia, Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM)


Prof. dr. Ova Emilia dilantik menjadi Rektor UGM untuk periode 2022-2027 pada 27 Mei 2023 lalu. Perempuan kelahiran Yogyakarta, 19 Februari 1964 ini menempuh kuliah S1 dan Pendidikan Profesi di Fakultas Kedokteran UGM.
Jurusan Kuliah 5 Rektor PTN Ternama Indonesia, Ada yang Satu Almamater?


Rektor UGM Prof dr Ova Emilia. Foto/UGM

Prof Ova kemudian melanjutkan kuliah S2 Medical Education di University of Dundee Skotlandia. Lalu melanjutkan Pendidikan untuk program Dokter Spesialis dan Dokter Subspesialis Obstetri dan Ginekologi di Fakultas Kedokteran UGM.

Mantan Dekan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM ini melanjutkan kuliah program S3 di University of New South Wales Australia.

3. Prof Reini Wirahadikusumah, Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB)


Prof. Reini Wirahadikusumah saat ini menjadi Rektor ITB untuk periode 2020-2025 dan merupakan rektor wanita pertama di ITB yang melanjutkan kepemimpinan Prof Dr Ir Kadarsyah Suryadi.

Baca juga: UNP Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Prodi Kedokteran, Pendaftaran Mulai Agustus

Prof Reini yang merupakan Guru Besar dan Ketua Kelompok Keahlian Manajemen dan Rekayasa Konstruksi Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan ITB ini meraih gelar sarjana dari Teknik Sipil ITN pada 1991.
Jurusan Kuliah 5 Rektor PTN Ternama Indonesia, Ada yang Satu Almamater?


Rektor ITB Prof. Reini Wirahadikusumah. Foto/ITB
Peraih penghargaan Satyalancana Karya Satya XX ini kemudian mengejar gelar master Teknik Sipil di Universitas Purdue, Amerika Serikat pada 1996 dan gelar PhD di bidang dan universitas yang sama pada 1999.

4. Prof Dr Mohammad Nasih, Rektor Universitas Airlangga (Unair)


Prof Dr Mohammad Nasih menjabat sebagai Rektor Universitas Airlangga untuk dua periode masa jabatan, yaitu periode 2015-2020 dan 2020-2025.

Pria kelahiran Lamongan ini mengawali masa perkuliahannya di Unair dengan mengambil program sarjana di Fakultas Ekonomi Unair jurusan Akuntansi pada 1991.
Jurusan Kuliah 5 Rektor PTN Ternama Indonesia, Ada yang Satu Almamater?

Rektor UnairProf Dr Mohammad Nasih. Foto/Unair

Mantan Wakil Rektor 2 Unair dan Direktur Keuangan Unair ini kemudian mengambil kuliah magister Teknik dan Manajemen Industri di Fakultas Teknik Industri Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1997.

Prof Nasih yang terlibat di sejumlah organisasi terkemuka seperti Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) dan lainnya ini kuliah S3 dan meraih gelar doktor Ilmu Ekonomi di Sekolah Pascasarjana Unair.

5. Prof Dr Arif Satria, Rektor IPB University


Prof Dr Arif Satria saat ini telah dua periode memimpin IPB University. Pertama untuk periode 2017-2022 dan kini kembali dilantik sebagai rektor dengan masa jabatan 2023-2028.

Pria berkacamata peraih penghargaan Satyalancana 10 Tahun pada 2013 ini meraih gelar sarjana di IPB dengan jurusan Ilmu Ekonomi Pertanian pada 1995.
Jurusan Kuliah 5 Rektor PTN Ternama Indonesia, Ada yang Satu Almamater?


Rektor IPB University Prof Arif Satria. Foto/SINDOnews

Kemudian peraih penghargaan Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa dari Mendiknas ini kembali menempuh studi S1 di IPB untuk menimba ilmu Sosiologi Pedesaan pada 1999.

Setelahnya, Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) periode 2021-2026 ini terbang ke Jepang untuk kuliah S3 di Kagoshima University pada Departement of Marine Social Science pada 2006.

Demikian jurusan kuliah 5 PTN terbaik di Indonesia serta nama kampusnya.Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1016 seconds (0.1#10.140)