Jurusan Kuliah 5 Dirut Pertamina, Lulusan Kampus Mana Aja Sih?

Rabu, 26 Juli 2023 - 12:00 WIB
loading...
Jurusan Kuliah 5 Dirut Pertamina, Lulusan Kampus Mana Aja Sih?
Jurusan kuliah 5 Direktur Utama (Dirut) Pertamina terakhir belakangan. Mereka berasal dari beragam kampus. Foto/Pertamina.
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) merupakan perusahaan strategis milik pemerintah untnuk mendukung kemandirian energi nasional. Sejarah panjang perusahaan BUMN yang sudah berdiri enam dekade itu pun diwarnai dengan pergantian para direktur utamanya.

Eksistensi Pertamina di Indonesia pertama tercatat sejarah pada 1950-an. Kala itu pemerintah menunjuk Angkatan Darat mendirikan PT Eksploitasi Tambang Minyak Sumatra Utara untuk mengelola ladang minyak di Pulau Sumatra.

Hari lahirnya Pertamina ditetapkan pada 10 Desember 1957 dengan peresmian perusahaan yang bernama PT Perusahaan Minyak Nasional (Permina) yang kemudian pada 1960 berganti nama menjadi PN Permina dan berlanjut hingga 2003 menjadi PT Pertamina (Persero).

Saat ini PT Pertamina (Persero) dipimpin oleh Nicke Widyawati yang diangkat sebagai bos Pertamina untuk periode kedua pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), 3 Desember 2022 lalu.

Sebelum Nicke, perusahaan energi pelat merah ini dipimpin oleh sejumlah nama. Berikut ini 5 Dirut Pertamina sebelum Nicke dan jurusan kuliahnya.

Baca juga: 8 Lapangan Kerja Menjanjikan Lulusan Teknik Sipil, Dibutuhkan Proyek Besar Infrastruktur

Jurusan Kuliah 5 Dirut Pertamina

1. Nicke Widyawati


Dikutip dari situs resmi Pertamina, Nicke menjadi Direktur Utama PT Pertamina (Persero) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor : SK-97/MBU/04/2018, Tanggal 20 April 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan PT Pertamina.
Jurusan Kuliah 5 Dirut Pertamina, Lulusan Kampus Mana Aja Sih?

Nicke Widyawati. Foto/SINDOnews

Sebelum menjabat sebagai Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati pernah menjabat Direktur SDM Pertamina dan pernah menjabat sebagai Direktur Pengadaan Strategis 1 PT PLN (Persero).

Sementara riwayat pendidikan wanita kelahiran Tasikmalaya, 25 Desember 1967 ini berseragam putih abu abu di SMA Negeri 1 Tasikmalaya.

Kemudian Nicke melanjutkan kuliah di dua perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik di Jawa Barat. Yaitu jenjang sarjana di Institut Teknologi Bandung (ITB) dan mengambil jurusan Teknik Industri pada 1991 dan lanjut S2 Hukum Bisnis Unpad pada 2009.

2. Elia Massa Manik


Sebelum Nicke Widyawati, Elia Massa Manik lebih dulu menjadi Dirut Pertamina. Masa jabatan pria kelahiran Kabanjahe, Karo, Sumatra Utara ini dimulai pada 16 Maret 2017 hingga 19 April 2018.
Jurusan Kuliah 5 Dirut Pertamina, Lulusan Kampus Mana Aja Sih?

Elia Massa Manik. Foto/SINDOnews

Elia menamatkan pendidikan sarjana di Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Lingkungan ITB (1983-1988). Setelahnya, dia kembali melanjutkan pendidikannya jenjang S2. Dia memilih jurusan Master Business Management dari Asian Institute of Management, Makati, Filipina (1990-1992).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1463 seconds (0.1#10.140)