Prospek Kerja Sastra Jepang dan 5 PTN yang Bisa Dipilih Calon Mahasiswa

Minggu, 30 Juli 2023 - 12:20 WIB
loading...
A A A
Nah bagi kalian yang ingin kuliah Sastra Jepang, berikut ini 5 PTN di Pulau Jawa yang bisa dipilih calon mahasiswa.

1. Universitas Indonesia


Universitas Indonesia memiliki program studi Jepang. Dikutip dari laman UI, program studi Jepang berada di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB).

Mata kuliah yang disampaikan tak hanya terkait kemampuan bahasa, namun mahasiswa juga akan diajarkan mengenai aspek sastra dan budaya masyarakat pemakai bahasa tersebut, serta pengetahuan pendukung lainnya.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)


UGM memiliki program studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang di Fakultas Ilmu Budaya. Laman UGM menjelaskan, di sini mahasiswa bisa mengakses Perpustakaan Program Studi Sastra Jepang (PPSJ) dengan koleksi bukunya mencapai 7.005 eksemplar.

95 % koleksinya merupakan buku-buku berbahasa Jepang dan atau berhuruf Jepang. Sisanya buku berbhasa Indonesia, Inggris, dan lainnya yang berhuruf Romaji (sejarah Jepang, Ilmu Bahasa Umum, dan sastra Jepang, dan lainnya).

3. Universitas Padjadjaran (Unpad)


Berikutnya, bagi kalian yang ingin mendalami Sastra Jepang bisa kuliah di program studi Bahasa dan Budaya Jepang di Fakultas Ilmu Budaya Unpad yang telah berdiri pada 1963.

Prodi ini, menurut laman Unpad, merupakan prodi kesusastraan Jepang pertama yang berdiri di Indonesia. Prodi ini pun telah beberapa kali ganti nama mulai dari jurusan Asia Timur, prodi Sastra dan Bahasa Jepang, prodi Sastra Jepang, hingga prodi Bahasa dan Budaya Jepang.

Baca juga: Deretan Jurusan Kuliah 5 Dirut PLN, Ada yang Ga Lulus S1?

4. Universitas Brawijaya (UB)


PTN yang berlokasi di Malang, Jawa Timur ini juga memiliki program studi Sastra Jepang yang telah terakreditasi A Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dan juga berserifikat AUN-QA (ASEAN University Network-Quality Assurance).

Laman UB menjelaskan, program studi Sastra Jepang lebih menekankan kemampuan berbahasa Jepang dengan penguatan bidang terjemahan tulis dan lisan didukung pendampingan dosen penutur asli.

Bahkan sebagian besar dosen penutur asli merupakan lulusan universitas ternama di Jepang, antara lain Universitas Hiroshima, Universitas Kochi, dan Universitas Shizuoka.

5. Universitas Airlangga


PTN yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur ini juga memiliki program studi Kejepangan di Fakultas Ilmu Budaya dengan izin penyelenggaraan prodi S1 Sastra Jepang sejak 2006.

Laman Unair menyatakan, Prodi Kejepangan Unair memiliki tenaga pengajar yang 36 % adalah mereka yang memperoleh gelar PhD dari berbagai universitas ternama di Negeri Sakura.

Demikian 5 PTN yang memiliki program studi terkait sastra, budaya, dan bahasa Jepang. Masih banyak lagi PTN yang menyediakan program yang sama seperti di UPI, Unnes, Unesa, Undip, Unhas, Udayana, dan lainnya yang menawarkan pengajaran dengan kualitas terbaik. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1289 seconds (0.1#10.140)