Mengenal 4 Jenis Beasiswa Unggulan, Kuliah Gratis hingga S3

Rabu, 02 Agustus 2023 - 11:04 WIB
loading...
Mengenal 4 Jenis Beasiswa Unggulan, Kuliah Gratis hingga S3
Mengenal 3 jenis Beaiaswa Unggulan yang akan memfasilitasi kuliah gratis di kampus dalam negeri hingga S3. Foto/Instagram @beasiswa.unggulan.kemdikbud.
A A A
JAKARTA - Kemendikbudristek akan segera membuka pendaftaran Beasiswa Unggulan . Beasiswa pemerintah ini terdiri dari tiga jenis untuk kuliah S1 hingga beasiswa pascarjana .

Beasiswa ini termasuk beasiswa populer di Indonesia. Hal ini terlihat pada 2022 lalu, jumlah pendaftar Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek mencapai 19.000 orang sedangkan yang diterima hanya 500 orang saja.

Dilihat di laman Beasiswa Unggulan, sebelumnya jadwal pembukaan pendaftaran dijadwalkan pada 3 Agustus 2023. Namun kini informasi jadwal pelaksanaan tertulis Segera Dipublikasikan.

Namun sebagai persiapan pendaftaran, mari mengenal jenis-jenis beasiswa sehingga bisa memilih sebelum masa pendaftaran dibuka.

4 Jenis Beasiswa Unggulan


Beasiswa Unggulan terdiri atas Beasiswa Masyarakat Berprestasi, Beasiswa Pegawai Kemendikbudristek, Beasiswa Unggulan Penyandang Disabilitas, dan Beasiswa Penghargaan. Dikutip dari laman Beasiswa Unggulan, berikut ini informasinya.

Baca juga: Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek 2023 Jenjang S1, S2 dan S3 Siap Dibuka, Ini Linknya

1. Beasiswa Masyarakat Berprestasi

Salah satu kategori Beasiswa Unggulan yang banyak diserbu pejuang kuliah adalah Beasiswa Masyarakat Berprestasi.

Sasaran beasiswa ini diberikan bagi masyarakat yang memiliki kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang sarjana, magister, dan doktor yang diselenggarakan pada perguruan tinggi dalam negeri atau perguruan tinggi luar negeri.

2. Beasiswa Pegawai Kementerian


Beasiswa Unggulan yang diberikan bagi pegawai Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang magister dan doktor.

3. Beasiswa Penyandang Disabilitas

Baca juga: 5 Beasiswa Luar Negeri yang Tak Pakai Syarat IELTS, Simak Daftarnya!

Beasiswa Unggulan juga memberikan kesempatan kepada para penyandang disabilitas untuk melanjutkan kuliah pascasarjana jenjang S2 dan S3

4. Beasiswa Unggulan Penghargaan

Beasiswa Unggulan Penghargaan adalah Beasiswa Unggulan yang diberikan berupa penghargaan pemerintah kepada anak kandung dari orang tua yang gugur dalam menjalankan tugas negara dan/atau pengabdian kepada negara dan ditetapkan oleh pemerintah untuk melanjutkan Pendidikan.

Muncul pertanyaan apakah Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek ini bisa untuk melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi luar negeri, seperti halnya beasiswa LPDP dan lainnya.

Dari menu FAQ yang tersedia di laman Beasiswa Unggulan dijelaskan bahwa program Beasiswa Unggulan tidak memfasilitasi kuliah di luar negeri. Program Beasiswa Unggulan mengutamakan universitas-universitas di dalam negeri saja.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1865 seconds (0.1#10.140)