IPK Tinggi Jamin Mahasiswa Lulus Gampang Dapat Kerja? Ini Jawabannya

Rabu, 02 Agustus 2023 - 15:20 WIB
loading...
IPK Tinggi Jamin Mahasiswa Lulus Gampang Dapat Kerja? Ini Jawabannya
Perdebatan apakah Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tinggi menjami kesuksesan mahasiswa di dunia kerja atau tidak hingga kini masih jadi bahan diskusi menarik. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Salah satu perdebatan di seputar kehidupan perkuliahan adalah IPK besar bakal menjamin kesuksesan setelah lulus. Ada yang bilang IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) tinggi bagus untuk karier. Sebaliknya ada yang bilang IPK tidak bakal menjamin kesuksesan. Benarkah demikian?Artikel berikut ini akan sedikit mengulas pertanyaan seberapa penting IPK untuk mencari kerja

Seberapa Penting IPK untuk Mencari Kerja?

IPK tidak menjamin kesuksesan seseorang dalam mendapatkan pekerjaan bergaji tinggi. Semua itu ditentukan oleh banyak faktor lainnya. Seperti prospek peluang kerja dari jurusan kuliah yang diambil.

Namun demikian bukan berarti IPK tidak penting. IPK mempunyai peranan yang sangat penting. Beberapa pihak banyak yang mensyaratkan untuk bisa masuk kerja dengan syarat nilai IPK di kisaran tertentu.

IPK atau Indeks Prestasi Kumulatif merupakan prestasi yang diraih oleh setiap mahasiswa selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Nilai Indeks Prestasi akumulatif bisa menggambarkan banyak hal, khususnya tingkat kecerdasan seseorang.
Walaupun bukan jaminan tapi masih banyak perusahaan yang mengkaitkan IPK tinggi dengan kecerdasan yang dimiliki oleh seseorang.

IPK Penting Tapi Bukan Segalanya

Lantas seberapa penting IPK untuk mencari kerja? Berkaitan dengan dunia kerja, peranan IPK dalam dunia kerja sangat penting. Namun bukan segalanya. IPK yang tinggi dimiliki oleh seseorang akan menjadi bahan penunjang bagi seseorang diterima bekerja di suatu perusahaan.



Perusahaan yang mendapatkan kandidat calon karyawan dengan nilai IPK yang rendah dan tinggi maka perusahaaan akan lebih memilih mempekerjakan karyawan dengan IPK lebih tinggi. Karena hal itu membuktikan bahwa orang tersebut dapat menempa diri untuk menjadi orang yang baik dan berprestasi di tengah tekanan.

IPK yang tinggi bagaikan surat lamaran kerja dan curiculum vitae beserta surat pengalaman kerja yang menunjang untuk kelulusan dalam proses seleksi lamaran kerja. Sangat mudah bagi seseseorang yang memiliki IPK tinggi untuk bisa mendapatkan kepercayaan dari pihak owner hingga bisa mudah bekerja di suatu perusahaan di samping modal kepribadian yang baik dan pengalaman yang mumpuni.

Berapa Minimal IPK untuk Bisa Mendapatkan Kerja?

Berapa minimal IPK untuk bisa mendapatkan kerja menjadi perdebatan tersendiri yang tidak berujung. Sebagian perusahaan memberikan batasan bagi calon karyawannya untuk mempunyai IPK di atas tiga.

Hal tersebut menghapuskan peluang kerja bagi mereka yang memiliki IPK di bawah tiga. Adanya batasan IPK dalam mendapatkan kerja menjadi sebuah ketakutan tersendiri bagi mereka yang mempunyai IPK dengan nilai skor kecil.

Walaupun sebagian orang menilai IPK sudah menjadi tidak penting lagi. Namun bagi sebagian perusahaan penetapan lowongan kerja masih harus disesuaikan dengan nilai IPK yang dimiliki sebagai bahan seleksi.



Nilai IPK tidak menjadi ukuran kecerdasan dan kemampuan karyawan. Tapi bisa membuat lebih banyak pilihan bagi perusahaan dalam merekrut karyawan berdasarkan nilai IPK yang baik.Lantas seberapa penting IPK untuk mencari kerja? Berapa minimal IPK untuk bisa mendapatkan kerja? Sebenarnya tidak ada batasan minimal IPK untuk bisa mendapatkan kerja.

Semakin tinggi nilai IPK tentu saja sangat bagus untuk mendapatkan pekerjaan secara lebih mudah. Bahkan beberapa penelitan membuktikan bahwa terkadang mahasiswa yang mempunyai nilai IPK 2,5 sampai 3 lebih gampang mendapatkan kerja ketimbang mahasiswa yang memiliki IPK 4.

Untuk pegawai negeri sipil maupun karyawan di jajaran swasta yang bergengsi menjadi hal mutlak bagi setiap orang untuk mempunyai IPK yang tinggi. Karena tuntutan dunia pekerjaan yang menantang dan sulit dengan berbagai masalah yang harus dihadapi.

Untuk mendapatkan pekerjaan secara lebih mudah bisa ditempuh dengan mempunyai nilai IPK yang tinggi. Semua itu mutlak diperlukan. Karena beberapa perusahaan memberikan syarat IPK minimal yang harus dipenuhi dalam bekerja di lembaga atau perusahaan bersangkutan.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8988 seconds (0.1#10.140)