Rhenald Kasali di PKKMB UI: Pintar Saja Tak Cukup, 2 Kecerdasan Ini Juga Penting

Rabu, 09 Agustus 2023 - 12:34 WIB
loading...
A A A
Selain itu, mahasiswa juga harus mampu memahami relasi antarbudaya dan kewarganegaraan sehingga dapat menghasilkan solusi atas masalah yang dialami oleh masyarakan global. Ini dapat diperoleh dengan terus meningkatkan literasi melalui perkembangan digital, serta peka terhadap lingkungan yang ada di sekitarnya.

“Artinya, sebagai mahasiswa, pintar saja tidak cukup, tetapi diperlukan juga kecerdasan sosial dan emosional,” kata Rhenald.

Tantangan yang harus dijawab oleh para mahasiswa baru ini sejalan dengan tema yang diangkat dalam PKKMB UI 2023. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI, Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris mengatatakan bahwa tema besar PKKMB UI tahun ini adalah “Mahasiswa UI Cerdas, Sehat, dan Berprestasi Global”.

Tema ini menunjukkan komitmen UI untuk mengembangkan mahasiswa agar tidak hanya memiliki kecerdasan akademik, tetapi juga menjunjung tinggi kesejahteraan fisik dan mental, serta mampu berprestasi di kancah global.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan sistem akademik dan ekstrakurikuler UI, sekaligus menjadi fase orientasi dan transisi dari pelajar SMA menjadi mahasiswa. Kami percaya bahwa melalui pendidikan yang holistik dan pembinaan yang komprehensif, UI dapat menjadi tempat bertumbuh bagi para mahasiswa baru agar mampu menghadapi berbagai tantangan dunia,” ujar Prof. Haris.

Sementara itu, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Prof. Warsito menyebut setiap tahunnya, lulusan pendidikan menengah kurang lebih 3,7 juta yang berasal dari lulusan SMK, SMA, dan Madrasah Aliyah.

Dari jumlah tersebut, hanya 800.000 yang mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi melalui jalur UTBK-SNBT, dan hanya sekitar 22,77% yang diterima melalui jalur tersebut.

“Kalian yang ada di sini merupakan salah satu yang beruntung karena bisa masuk UI sebagai perguruan tinggi ternama di Indonesia. Kebanggaan tersebut harus diikuti dengan upaya belajar sungguh-sungguh karena banyaknya tantangan global di masa depan,” kata Prof. Warsito.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3385 seconds (0.1#10.140)