Sekilas Sejarah Hari Kebangkitan Teknologi Nasional yang Diperingati Tiap 10 Agustus

Kamis, 10 Agustus 2023 - 06:02 WIB
loading...
Sekilas Sejarah Hari Kebangkitan Teknologi Nasional yang Diperingati Tiap 10 Agustus
Sekilas sejarah Hari Kebangkitan Teknologi Nasional yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus. Foto/djkn.kemenkeu.
A A A
JAKARTA - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) diperingati setiap tanggal 10 Agustus atau pada tahun ini tepat jatuh di hari Kamis (10/8/2023). Berikut ini sekilas sejarah peringatan Hakteknas di Indonesia.

Dalam sejarahnya, Hari Kebangkitan Teknologi Nasional adalah untuk merayakan keberhasilan Industri Pesawat Terbang Nurtanio (IPTN), kini berganti nama menjadi PT Dirgantara Indonesia (PT DI), menerbangkan penerbangan perdana pesawat N250 Gatotkaca pada 10 Agustus 1995.

Dikutip dari laman Kemendikbudristek, keberhasilan penerbangan perdana ini yang membuat sejumlah organisasi kemasyarakatan antara lain Persatuan Islam dan Persatuan Insinyur Indonesia juga Komisi X DPR mengusulkan kepada pemerintah agar 10 Agustus ditetapkan menjadi Hakteknas.

Baca juga: 4.077 Mahasiswa Undip Diwisuda, Rektor: Jaga dan Tegakkan Integritas

Usulan ini pun disambut baik oleh pemerintah hingga akhirnya menerbitkan Keputusan Presiden RI No 71 Tahun 1995 sebagai dasar hukum peringatan 10 Agustus sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional.

Upaya peluncuran pesawat karya anak bangsa ini menjadi bagian penting dalam sejarah perkembangan teknologi dan kedirgantaraan Indonesia.

Pada 1983, Industri Pesawat Terbang Nurtanio (IPTN) meluncurkan CN-235. Pesawat CN-235 diberi nama “Tetuko” yang tidak lain merupakan nama kecil dari Gatotkaca ketika masih ditempa di Kawah Candradimuka.

Pembuatan pesawat CN-235 awalnya merupakan kerja sama antara IPTN dengan perusahaan pesawat terbang Spanyol Construcciones Aeronautica SA atau CASA (Airbus Defence and Space) dengan skala 50:50 untuk permodalan, produksi, dan pemasaran.

Keunggulan lain dari pesawat buatan dalam negeri ini juga dirancang untuk bisa lepas landas dan mendarat di landasan pendek.

Pasca keberhasilan dalam pembuatan pesawat CN-235, IPTN kembali mengembangkan sebuah rancangan pesawat baru. IPTN mulai membuat rancang bangun dan memproduksi sendiri model pesawat terbang baru dengan teknologi mutakhir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1297 seconds (0.1#10.140)