Mengapa Seragam Pramuka Berwarna Cokelat? Ini 4 Alasan dan Sejarah Pentingnya

Senin, 14 Agustus 2023 - 12:58 WIB
loading...
Mengapa Seragam Pramuka Berwarna Cokelat? Ini 4 Alasan dan Sejarah Pentingnya
Ada alasan dan sejarah penting di balik seragam Pramuka yang berwarna cokelat. Foto/Dok/Pramuka.
A A A
JAKARTA - Seragam Pramuka yang berlaku di institusi pendidikan di Indonesia adalah berwarna cokelat. Apa alasan di balik pemilihan warna cokelat tersebut?

Hari ini 14 Agustus 2023 bertepatan dengan Peringatan Hari Pramuka di Indonesia yang keberadaannya memiliki sejarah panjang di Tanah Air.

Sejarahnya bisa ditelusuri pada 1912, awal organisasi Pramuka di Indonesia yang ditandai dengan munculnya cabang milik Belanda bernama Nederlandesche Padvinders Organisatie (NPO).

Kemudian pada 1916 berubah nama menjadi Nederlands Indische Padvinders Vereniging (NIVP). Di tahun yang sama Mangkunegara VII membentuk Organisasi Kepanduan pertama Indonesia dengan nama Javaansche Padvinder Organisatie (JPO).

Hingga pada Pada 14 Agustus 1961 dilakukan MAPINAS (Majelis Pimpinan Nasional) yang diketuai oleh Presiden Soekarno, wakil ketua I Sultan Hamengkubuwono XI dan wakil ketua II Brigjen TNI Dr. A. Azis Saleh.

Baca juga: Terinspirasi Nama Diri, Siswi Kelas 5 SD Ini Berhasil Mencapai Puncak Gunung Rinjani

Penyerahan panji-panji Pramuka oleh Presiden Soekarno kepada tokoh-tokoh pramuka dihadiri oleh ribuan anggota pramuka unuk memperkenalkan gerakan Pramuka kepada Masyarakat, maka peristiwa ini dikenal sebagai hari lahir Pramuka yang sampai saat ini masih diperingati.

Sarat akan nilai sejarah dan menjadi kegiatan untuk membentuk karakter generasi muda, Pramuka merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti oleh murid sekolah dasar hingga sekolah menengah atas.

Namun mengapa seragam Pramuka yang berlaku berwarna cokelat dan bukan warna lain? Dikutip dari laman Sekolah BPK Penabur, berikut ini 4 alasannya.

4 Alasan Seragam Pramuka Berwarna Cokelat

1. Inisiatif Bapak Pramuka


Apakah kamu masih merasa asing dengan nama Baden Powell? Dia adalah Bapak Pramuka Sedunia. Powell senang berkelana ke bukit, gunung, hutan, dan juga laut.

Perjalanan yang begitu jauh, membuatnya tidak sadar kalau pakaiannya menjadi berubah warna. Hal ini disebabkan karena tubuhnya yang masuk ke dalam lumpur basah, dan menjadi kering di badannya.
Akhirnya seluruh tubuh dan pakaiannya pun menjadi cokelat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1755 seconds (0.1#10.140)