LPDP dan UIII Kolaborasi Sediakan Beasiswa untuk 280 Mahasiswa Doktoral

Selasa, 15 Agustus 2023 - 17:00 WIB
loading...
LPDP dan UIII Kolaborasi Sediakan Beasiswa untuk 280 Mahasiswa Doktoral
LPDP dan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) sepakat untuk bekerja sama dalam memberikan beasiswa. Foto/UIII.
A A A
JAKARTA - Lembaga Pengelola Dana Pendidikan ( LPDP ) dan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) sepakat untuk bekerja sama dalam memberikan beasiswa untuk penyelenggaraan studi di UIII.

LPDP berkomitmen untuk mendanai 280 mahasiswa baru program doktoral UIII yang berasal dari seluruh dunia dengan memanfaatkan pendanaan dari pemerintah Indonesia melalu Dana Abadi yang dikelola oleh LPDP selama empat tahun ke depan.

Kesepakatan ini diresmikan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Nota Kesepahaman oleh Rektor UIII Prof. Komaruddin Hidayat, Direktur LPDP Dwi Larso, dan Wakil Rektor bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Sumber Daya Manusia, Bahrul Hayat, Selasa (15/8/2023) di kampus UIII, Depok.

Baca juga: Seleksi Tanpa Tes, Ada Golden Ticket dari UIN Jakarta untuk Juara Madrasah Fest 2023

Dwi Larso mengatakan, ini adalah beasiswa pertama yang diinisiasi oleh LPDP yang ditujukan untuk mahasiswa warga negara asing (WNA). “UIII siap untuk program doktor yang kemudian kita bisa mendukung dengan LPDP. Jadi, kami di LPDP Program ini adalah memberikan beasiswa pertama kali pada WNA yang diinisiasi oleh LPDP,” kata Dwi Larso, dalam keterangan resmi.

Ia menambahkan, Indonesia harus bermain di level dunia, dan dengan UIII yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) maka dukungan penuh harus terus dilancarkan oleh LPDP agar UIII dapat berjalan sesuai dengan visinya sebagai universitas internasional yang mendunia.

Sementara itu, Prof. Komaruddin, menjelaskan bahwa ada dua keuntungan yang akan didapatkan oleh negara dengan dukungan yang dilakukan LPDP. Keuntungan pertama, agar dapat memperkuat UIII yang berada di standar internasional.

Kedua, dengan mengundang profesor dan dosen asing ke kampus ini, secara ekonomi hal tersebut lebih murah, karena perputaran uangnya berada di Indonesia. Berbeda dengan halnya kita mendanai mahasiswa Indonesia di luar negeri, yang perputaran uangnya berada di negara-negara tujuan studi mahasiswa Indonesia.

Baca juga: Kenal Lebih Dekat dengan Beasiswa DAAD untuk Kuliah di Jerman

Namun, program luar negeri juga perlu terus dijalankan yang dilakukan untuk memperbaiki kualitas yang ada di dalam negeri, sehingga dapat meningkatkan langit keilmuan Indonesia.

“Sehingga program luar negeri terus dijalankan untuk memperbaiki kualitas tapi yang dalam negeri ini penting karena sesungguhnya tadi, untuk meningkatkan langit keilmuan Indonesia, dengan menghadirkan mahasiswa asing, dosen asing sehingga lingkungannya memang internasional,” katanya.

Wakil Rektor bidang Riset, Kerja Sama, dan Pengembangan Masyarakat, Prof. Jamhari, mengungkapkan rasa syukur dengan diresmikannya kerja sama ini. Diharapkan dengan adanya dukungan ini dapat membuka pintu bagi mahasiswa asing belajar di kampus-kampus Indonesia.

“Saya harapkan ini dapat membuka pintu beasiswa selanjutnya bagi LPDP untuk memberikan beasiswa kepada mahasiswa asing untuk belajar di kampus-kampus Indonesia,” pungkasnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0946 seconds (0.1#10.140)