5 Kampus dengan Fakultas Kedokteran Tertua di Indonesia

Rabu, 16 Agustus 2023 - 07:01 WIB
loading...
5 Kampus dengan Fakultas Kedokteran Tertua di Indonesia
5 kampus dengan fakultas kedokteran tertua di Indonesia. Foto/FK UGM.
A A A
JAKARTA - Sejarah pendirian Fakultas Kedokteran di Indonesia ternyata memiliki riwayat yang panjang dan bisa dirunut sejak zaman penjajahan Belanda. Berikut ini ulasan 5 kampus kedokteran tertua di Indonesia.

Selain menjadi sejarah dalam perkembangan dunia pendidikan tinggi di Indonesia, tak bisa dimungkiri, usia suatu kampus atau fakultas tentunya bisa dijadikan pertimbangan untuk melihat seberapa berpengalaman fakultas atau kampus tersebut memberikan pengajaran kepada mahasiswa kedokteran.

Dikutip dari laman resmi masing-masing kampus, berikut ini sejarah pendirian 5 kampus dengan fakultas kedokteran tertua di Indonesia.

5 Kampus Kedokteran Tertua di Indonesia

1. Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM)


Fakultas Kedokteran UGM telah melalui sejarah panjang sejak zaman penjajahan Belanda. Diawali dengan sekolah kedokteran School tot Opleiding (STOVIA) yang kemudian berubah menjadi Geneeskundige Hoge School (GHS) di Jakarta.

GHS kemudian ditutup oleh Jepang dan sebagai gantinya berdirilah perguruan tinggi bernama Djakarta Ika Daigaku yang mayoritas fasilitas dan pengajar berasal dari GHS.

Pada masa Proklamasi Kemerdekaan RI, Djakarta Ika Daigaku diambil alih oleh pemerintah Indonesia dan berubah menjadi Perguruan Tinggi Kedokteran (PTK) di Jakarta.

Karena situasi keamanan yang tidak mendukung seiring dengan pergolakan yang terjadi di Jakarta, PTK dialihkan ke Yogyakarta yang saat itu sebagai kota penting Republik Indonesia.

Baca juga: Jenjang Berliku Menjadi Dokter di Indonesia, Gelar Sarjana Saja Belum Cukup

Sayangnya, saat itu Yogyakarta tidak memiliki fasilitas yang cukup untuk pendirian Perguruan Tinggi Kedokteran, sehingga pendirian dipindahkan ke Klaten.

Secara resmi PTK bagian klinik dibuka di Surakarta pada 4 Maret 1946. Sedangkan PTK bagian pre-klinik dibuka di Klaten pada 5 Maret 1946, sekaligus menjadi tonggak sejarah pendirian Fakultas Kedokteran UGM.

PTK bersama dengan Perguruan Tinggi Kedokteran Gigi (PTKG) dan Perguruan Tinggi Ahli Obat (PTAO) pindah dari Klaten ke Yogyakarta pada 1949.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3022 seconds (0.1#10.140)