10 Prospek Kerja Manajemen Bisnis Syariah dan Perkiraan Gajinya, Profesi Apa Saja?

Rabu, 16 Agustus 2023 - 10:52 WIB
loading...
10 Prospek Kerja Manajemen Bisnis Syariah dan Perkiraan Gajinya, Profesi Apa Saja?
Jurusan manajemen bisnis syariah memiliki prospek kerja menjanjikan di masa depan, salah satunya profesi konsultan bisnis syariah, Foto/laman UIN syarif hidayatulloh
A A A
JAKARTA - Ini sederet prospek kerja menjanjikan lulusan jurusan manajemen Bisnis Syariah. Jurusan manajemen bisnis syariah menjadi salah satu prodi yang banyak diminati calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi secara lebih khusus di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN)

Terlebih saat ini ekonomi syariah banyak dipelajari dan sedang menjadi tren di tingkat global dan juga di Indonesia yang mana mayoritas penduduknya beragama Islam. Hal ini tentu sangat relevan dengan mempelajari jurusan manajemen bisnis syariah. Dirangkum dari berbagai sumber, ini 10 prospek kerja lulusan jurusan manajamen bisnis syariah beserta perkiraan gajinya di Indonesia.

10 Prospek Kerja Jurusan Manajemen Bisnis Syariah Beserta Estimasi Gajinya

1. Business Development


Saat ini peluang kerja menjadi business development sangat tinggi, karena tugasnya adalah membuat nilai jangka panjang perusahaan. Baik dari segi hubungan ke konsumen, pasar, maupun relasi bisnis. Jika Kamu mendapatkan pekerjaan ini, minimal penghasilan sebulan adalah Rp5 juta.

2. Entrepreneur


Semua orang punya bakat menjadi entrepreneur, tapi untuk lulusan manajemen bisnis syariah ada nilai lebih. Terutama kamu bisa membuka bisnis yang sesuai dengan prinsip islam sehingga mendapat keberkahan usaha. Pendapatan seorang entrepreneur tergantung dari besarnya usaha dan laba yang dihasilkan.


3. Marketing Executive


Menjadi tenaga marketing bisa dilakukan oleh lulusan SMA, tapi untuk menjadi eksekutif di bagian ini dibutuhkan pendidikan yang lebih baik. Dengan berbekal ijazah Manajemen bisnis syariah, kamu bisa berada di posisi ini, baik di perusahaan syariah atau tidak. Penghasilan per bulan profesi ini diperkirakan mulai dari Rp7 jutaan.

4. Kepala Proyek


Tanggung jawab seorang kepala proyek besar, mulai dari mempersiapkan, menjalankan, hingga menyelesaikan sebuah proyek. Namun, sebagai seorang lulusan manajemen bisnis syariah, kamu sudah punya modalnya. Jadi, pekerjaan dengan penghasilan mencapai puluhan juta ini sangat cocok untuk lulusan manajemen bisnis syariah.

5. Risk Manager


Prospek kerja manajemen bisnis syariah berikutnya adalah menjadi ahli dalam bidang meneliti risiko keamanan keuangan perusahaan, yaitu risk manager. Penghasilan menjadi manajer di bidang ini mulai dari Rp 10 juta per bulan.

6. Konsultan Bisnis Syariah


Selain menjadi bagian dari sebuah perusahaan di bidang keuangan, kamu juga bisa menjadi konsultan bisnis. Bahkan dapat mendirikan usaha sendiri sebagai konsultan bisnis syariah. Penghasilan akan tergantung dari besar kecilnya kasus klien. Setidaknya, bisa mendapatkan mulai dari Rp10 juta dari penyelesaian kasus.

7. Karyawan Bank Syariah


Ingin berkarier di dunia perbankan? Kamu tentu bisa melakukannya dengan menjadi karyawan bank. Penghasilan dari pekerjaan ini mulai dari Rp3 juta setiap bulan dan akan terus meningkat.


8. Karyawan Lembaga Keuangan Negara


Lembaga-lembaga keuangan seperti lembaga simpan pinjam syariah atau asuransi syariah juga membutuhkan tenaga dari lulusan manajemen bisnis syariah. Kamu bisa mendapatkan pendapatan per bulan sebesar Rp3 juta.

9. Akademisi di Bidang Perekonomian Syariah


Tidak hanya menjadi staf atau manajer di perusahaan maupun lembaga keuangan syariah. kamu juga bisa menjadi akademisi yang bekerja di bidang perekonomian syariah. Pendapatan minimal sebulan adalah di kisaran Rp5 juta.

10. Guru, Tenaga Pengajar, Dan Dosen


Pilihan lainnya adalah membaktikan diri sebagai guru, tenaga pengajar, atau dosen. Untuk guru dan tenaga pengajar, kamu bisa mendapatkan pendapatan Rp3 juta setiap bulan. Kalau menjadi dosen, penghasilannya dimulai dari Rp5 juta.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0738 seconds (0.1#10.140)