7 Kampus Terbaik di Singapura Beserta Beasiswanya, Langganan Kuliah Orang Indonesia

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 15:03 WIB
loading...
7 Kampus Terbaik di Singapura Beserta Beasiswanya, Langganan Kuliah Orang Indonesia
Ada banyak universitas berkualitas di Singapura yang menjadi incaran orang Indonesia, salah satunya Nanyang Technological University (NTU). Foto/Antara
A A A
JAKARTA - Ini deretan universitas favorit di Singapura. Negara tetangga Indonesia ini menjadi salah negara di Asia Tenggara yang menjadi banyak incaran orang Indonesia untuk mengenyam pendidikan tinggi.

Salah satu faktornya adalah selain secara geografis dekat dengan Indonesia, kualitas pendidikan negeri Singa dinilai terbaik di Asia Tenggara bahkan Asia. Belum lagi akses pemberian beasiswa untuk mahasiswa asing pun terbuka lebar di negeri yang didirikan Lee Kuan Yew itu. Dirangkum dari berbagai sumber, ini daftar 7 universitas terbaik di Singapura.

7 Universitas Terbaik di Singapura Lengkap dengan Beasiswanya

1. Nanyang Technological University (NTU) atau Universitas Teknologi Nanyang


Buat kamu yang suka dengan hal-hal teknologi, maka Nanyang Technological University bisa menjadi pilihan. Kampus ini termasuk sebagai universitas terbaik di Singapura. Ketersediaan fasilitas perkuliahan dan mampu memacu kemajuan di bidang riset inilah yang menjadikan NTU sebagai kampus terpandang.

NTU termasuk sebagai kampus teknik yang tidak hanya terbaik, tapi juga terbesar di Singapura. Selain Fakultas Teknik, NTU juga memiliki Fakultas Ilmu Sosial dan Fakultas Bisnis. Universitas di Singapura yang banyak orang Indonesianya adalah NTU, sehingga kamu tidak akan merasa sendirian jika ingin memilih kampus ini. NTU juga menyediakan beasiswa, hanya saja bukan jenis beasiswa fully funded atau beasiswa yang mencakup seluruh biaya pendidikan.

2. National University of Singapore (NUS) atau Universitas Nasional Singapura


Singapura juga memiliki kampus terbaiknya seperti halnya di Indonesia ada Universitas Indonesia. Inilah National University of Singapore atau NUS. Bahkan kampus ini tergolong sebagai kampus tertua di Singapura.

NUS termasuk sebagai jajaran 30 kampus terbaik dalam versi QS World University Ranking. Kamu tentu akan bangga jika bisa kuliah di NUS. Selain itu, termasuk universitas nasional singapura ranking 100 universitas top dunia.

Beasiswa NUS diperuntukkan bagi pelajar yang berasal dari negara-negara ASEAN. Lebih jelasnya, ASEAN Undergraduate Scholarships atau beasiswa sarjana ASEAN ini terdiri dari uang perkuliahan serta biaya hidup sehari-hari.

3. Singapore Institute of Management (SIM) atau Institut Manajemen Singapura


Tidak hanya kampus negeri yang menjadi incaran orang-orang Indonesia untuk kuliah di Singapura. Ada Singapore Institute of Management sebagai universitas di singapura yang juga bisa kamu pilih. SIM telah berdiri sejak tahun 1964 dan di kampus ini nantinya kamu bisa melanjutkan studi ke universitas luar negeri lintas dunia, seperti universitas yang ada di UK, Australia, bahkan di Eropa. Buat kamu yang memiliki prestasi di bidang akademik maupun sebagai atlet berprestasi, maka SIM akan memberikan beasiswa.


4. Singapore Management University (SMU) atau Universitas Manajemen Singapura

Apa bedanya SIM dengan SMU, tentu usia berdirinya. Jika SIM termasuk sebagai kampus tua, maka untuk Singapore Management
Universitas ini baru berdiri pada tahun 2000 lalu sebagai kampus swasta. Kampus ini termasuk universitas nasional Singapura.

SMU menyediakan jenjang perkuliahan untuk program Sarjana dan Pascasarjana dalam bidang manajemen. Ilmu-ilmu seperti manajemen bisnis, manajemen sistem informasi, ekonomi, maupun hukum dan ilmu sosial bisa kamu dalami di SMU.

Kampus ini juga memiliki sistem peringkat dunia yang baik dan berada di garis depan. Pelajar Indonesia yang kuliah di universitas di singapura jurusan manajemen bisnis ini bisa mendapatkan beasiswa sampai 4 tahun lamanya. Syaratnya tentu saja kamu harus bisa mendapatkan prestasi akademik yang baik.

5. Cornell-Nanyang Institute of Hospitality Management


Buat kamu yang ingin nantinya bekerja di pariwisata dan perhotelan, Singapura memiliki rekomendasi kampus terbaik. Namanya Cornell-Nanyang Institute of Hospitality Management.

Selain beasiswa universitas singapura yang sudah disebutkan sebelumnya, untuk Cornell-Nanyang Institute of Hospitality Management ini menyediakan beasiswa untuk pelajar internasional. Kamu bisa mengajukan beasiswa jika memilih kampus ini untuk melanjutkan perkuliahan di Singapura.

6. James Cook University (JCU) atau Universitas James Cook


Kampus utama dari James Cook University berada di Australia. Lulusan dari kampus ini akan mendapat gelar global yang tetap sama seperti pada kampus asalnya.JCU sudah menjalin kerja sama dengan SUN Education. Sehingga buat kamu yang tertarik kuliah di sini, bisa memanfaatkan waktu berkonsultasi dengan SUN Education sebagai persiapan memilih jurusan kuliah di Singapura. Jika kamu sedang mencari kampus murah, maka JCU jawabannya. Sebab kampus ini dikenal sebagai universitas di Singapura yang murah.

7. Singapore University of Technology and Design (SUTD)


Sebagai kampus yang masih muda di antara lainnya, Singapore University of Technology and Design ini bisa membuat kamu jago di dua bidang, teknologi dan desain. Apalagi fasilitas yang diberikan oleh kampus ini tidak main-main.



SUTD juga menjalin kerja sama dengan Massachusetts Institute of Technology atau MIT. Sehingga kurikulum perkuliahannya menerapkan pendidikan teknik dan arsitektur modern yang lebih unggul dan cepat dari kampus lainnya.

Kampus ini menyediakan beasiswa untuk kamu pelajar internasional yaitu, ASEAN Undergraduate Scholarships (AUS) atau beasiswa sarjana ASEAN. Kamu bisa mendaftar beasiswa ini jika termasuk pelajar yang berasal dari negara-negara ASEAN untuk program sarjana.

Sejumlah Alasan Memilih Kuliah di Universitas Singapura

1. Biaya Kuliah yang Rendah


Apakah kamu selama ini menganggap biaya kuliah universitas di Singapura itu mahal? Faktanya, dibandingkan kuliah di Amerika Serikat dan Inggris, Singapura memiliki biaya yang lebih rendah.

2. Banyak Penawaran Beasiswa


Kalau kamu adalah pelajar berprestasi dan memiliki kemampuan akademisi yang baik, Singapura ini menawarkan banyak beasiswa. Peluang kamu untuk mendapatkan beasiswa kuliah pun besar.

3. Banyak Orang Indonesia


Kamu akan banyak menjumpai orang Indonesia yang mengenyam universitas di Singapura. Sehingga kamu tidak akan kesulitan mencari koneksi ketika memutuskan untuk kuliah di salah satu kampus yang ada. Kamu akan mendapatkan keuntungan dengan memilih kuliah dari salah satu universitas di singapura. Peluang kerja jelas terbuka lebar, terutama untuk industri.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1845 seconds (0.1#10.140)