5 Jurusan Kuliah yang Bisa Diambil Jika Ingin Jadi PNS di Kementerian Pertanian

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 20:26 WIB
loading...
5 Jurusan Kuliah yang Bisa Diambil Jika Ingin Jadi PNS di Kementerian Pertanian
Banyak jurusan kuliah yang bisa diambil jika ingin mendaftar CPNS di Kementerian Pertanian. Foto/Setkab
A A A
JAKARTA - Ada banyak jurusan kuliah yang bisa diambil jika ingin mendaftar CPNS di Kementerian Pertanian ( Kementan ). Seperti halnya instansi lain, kementerian ini juga biasa merekrut calon pegawai baru sesuai kebutuhan penerimaan CPNS.

Berdasarkan data sebaran formasi penerimaan calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2021, Kementan membuka total 766 formasi dengan kualifikasi yang berbeda-beda.

Melihat rincian formasinya, terdapat banyak jurusan kuliah yang menjadi syarat mendaftar posisi tertentu. Berikut beberapa di antaranya.

Jurusan Kuliah yang Bisa Dipilih Jika Ingin Jadi PNS di Kementan

1. Pertanian


Sesuai dengan nama kementerian terkait, jurusan kuliah Pertanian juga banyak dibutuhkan pada penerimaan CPNS Kementan 2021. Sebaran formasinya pun cukup beragam.

Sejumlah posisi yang mensyaratkan kualifikasi pendidikan jurusan Pertanian antara lain seperti Analis Ketahanan Pangan, Pranata Laboratorium Pendidikan, Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan, Analis Pembukaan Lahan, Analis Perencanaan, Analis Rehabilitasi dan Konservasi Lahan, dan lainnya.

2. Hukum


Jurusan kuliah Hukum menjadi salah satu yang paling favorit di perguruan tinggi. Dari sekian alasan, salah satunya berkaitan dengan prospek kerja yang dimilikinya.

Tak harus menjadi seorang hakim atau pengacara, lulusan Hukum juga bisa mendaftar PNS pada jabatan yang sesuai. Pada penerimaan CPNS Kementan 2021 lalu, cukup banyak juga posisi yang mensyaratkan lulusan jurusan ini.



Di antaranya seperti Analis Hukum, Analis Kemitraan, Analis Kerja Sama, Analis Perencanaan dan Kerjasama, Analis Produk Hukum, dan lain sebagainya.

3. Akuntansi


Berikutnya ada Akuntansi. Meski sering disebut sebagai jurusan sulit, namun prospek kerja yang didapat para lulusannya cukup luas.

Bagi lulusan Akuntansi yang menjadi PNS di Kementerian Pertanian juga bisa mendaftar sesuai formasi dan jabatan yang relevan. Pada penerimaan tahun 2021, ada banyak posisi yang membutuhkan pelamar dengan jurusan tersebut.

Di antaranya adalah Pranata Keuangan, Analis Keuangan, Analis Laporan Keuangan, Analis Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran, Analis Sistem Akuntansi Instansi, Penata Laporan Keuangan, Penyusun Laporan Keuangan, dan lainnya.

4. Administrasi Publik


Pada penerimaan CPNS Kementan 2021, jurusan ini juga menjadi syarat bagi sejumlah posisi yang tersedia. Di antaranya seperti Analis Sumberdaya Manusia Aparatur, Arsiparis, Analis Data dan Informasi, Analis Organisasi, hingga Pengolah Data.

5. Ekonomi Pembangunan


Jurusan Ekonomi Pembangunan juga cukup populer di sejumlah perguruan tinggi Tanah Air. Pada prospek kerjanya, mereka juga bisa mendaftar CPNS di berbagai kementerian, termasuk Kementan.

Pada penerimaan CPNS tahun 2021 lalu, ada banyak posisi yang mensyaratkan lulusan Ekonomi Pembangunan. Di antaranya adalah Analis Anggaran, Analis Pemasaran dan Kerjasama, Analis Pembiayaan Pertanian, Analis Perencanaan Anggaran, Pengevaluasi Program dan Kinerja, dan lainnya.

Itulah sejumlah pilihan jurusan kuliah yang bisa diambil jika ingin menjadi PNS di Kementerian Pertanian (Kementan).
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1390 seconds (0.1#10.140)