10 Prospek Kerja Jurusan Manajemen Perhotelan dan Gajinya, Bulanannya Menjanjikan

Senin, 21 Agustus 2023 - 14:17 WIB
loading...
10 Prospek Kerja Jurusan Manajemen Perhotelan dan Gajinya, Bulanannya Menjanjikan
Profesi sebagai manajer hotel menjadi salah satu peluang kerja menjanjikan jurusan manajemen perhotelan di Indonesia. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini prospek kerja jurusan manajemen perhotelan di Indonesia. Dunia pariwisata di Indonesia berkembang pesat. Salah satu bidang yang terkena dampak dengan berkembangnya sektor pariwisata adalah penginapan atau perhotelan.

Perhotelan dan wisata merupakan dua hal yang sulit dipisahkan. Dengan berkembangnya pariwisata, maka dibutuhkan banyak SDM yang bergelut di bidang perhotelan. Karena itu jurusan Manajemen Perhotelan memiliki peran strategis untuk itu. Dirangkum dari berbagai sumber, ini 10 prospek kerja Jurusan Manajemen Perhotelan.

Daftar 10 Prospek Kerja Jurusan Manajemen Perhotelan

1. Karyawan Hotel


Pilihan pekerjaan pertama yang bisa kamu pilih adalah menjadi karyawan hotel. Sudah jelas bahwa ilmu yang kamu dapat selama kuliah akan sangat relevan dengan jenis profesi ini. Bekerja sebagai karyawan hotel bisa mendatangkan penghasilan mulai dari Rp3.000.000,00.

2. Manajer Hotel


Naik tingkat dari karyawan hotel, kamu bisa jadi manajer hotel. Sebagai manajer tentu tugasmu akan semakin penting dan tanggung jawab semakin besar. Tugasmu adalah mengurusi beragam kegiatan pelayanan yang ada di suatu hotel. Kisaran gajinya adalah Rp4.000.000,00 hingga Rp7.000.000,00.

3. Tour Guide


Kuliah di jurusan manajemen perhotelan akan membuat kamu paham mengenai dunia pariwisata. Tamat kuliah, kamu bisa mencari pekerjaan sebagai tour guide. Sebagai tour guide, kamu akan bertemu banyak turis dan pergi ke berbagai tempat. Gajinya sangat bervariasi tergantung agen tempat bekerja sekaligus turisnya.


4. Event Planner

Lulusan manajemen perhotelan tentu juga paham bagaimana untuk mengatur sebuah acara agar terselenggara dengan baik. kamu bisa bekerja sebagai event planner setelah lulus nanti. Gaji yang dapat diperoleh bisa berkisar antara Rp3.000.000,00 hingga Rp5.000.000,00.

5. Manajer Restoran


Selain jadi manajer hotel, kamu juga bisa bekerja sebagai manajer restoran. Ilmu yang diaplikasikan di dua profesi ini hampir sama. Dari jenis profesi ini, kamu kemungkinan dapat penghasilan mulai dari angka Rp3.000.000,00 tergantung restoran tempat bekerja.

6. Room Sales Manager


Prospek kerja manajemen perhotelan berikutnya adalah room sales manager. Profesi ini punya tugas penting yaitu menarik minat konsumen untuk menginap ke suatu hotel. Tentu dengan cara yang beragam dan salah satunya lewat peningkatan fasilitas kamar. Gajinya bisa mulai dari angka Rp4.000.000,00.

7. Pengusaha


Tak perlu sibuk melamar pekerjaan, kamu bisa memilih menjadi pengusaha.Jurusan ini juga akan memberikan ilmu manajemen yang sangat dibutuhkan untuk mendirikan bisnis sendiri. Dari profesi ini tentu kamu bisa dapat gaji yang bervariasi tergantung pertumbuhan bisnismu.


8. Wedding Organizer


Masih berhubungan erat dengan bidang profesi event planner, kamu bisa mencoba profesi lebih spesifik yaitu wedding organizer. Profesi ini sekarang semakin banyak dibutuhkan karena pengguna jasanya semakin banyak. Kamu bisa dapat penghasilan mulai dari Rp3.000.000,00.

9. Customer Service


Lulusan manajemen perhotelan biasanya paham betul dengan teknik pelayanan yang baik. Kamu bisa melamar kerja sebagai customer service di perusahaan tertentu. Besar gajinya bisa berkisar Rp3.000.000,00 hingga Rp4.000.000,00.

10. Travel Agent


Karena dekat dengan dunia pariwisata maka kamu juga punya peluang untuk jadi travel agent. Profesi ini bisa mendatangkan penghasilan besar tergantung banyaknya klien yang didapatkan.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4321 seconds (0.1#10.140)