Mengenal Apa Itu Gelar Dr. rer. nat? Titel Lulusan Bergengsi Kampus Mana?

Selasa, 22 Agustus 2023 - 13:51 WIB
loading...
Mengenal Apa Itu Gelar Dr. rer. nat? Titel Lulusan Bergengsi Kampus Mana?
Dr. rer. nat. adalah kependekan dari Doctor rerum naturalium, gelar doktor berbasis riset yang berasal dari Jerman. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pernah dengar atau melihat gelar Dr.rer.nat? Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, mungkin gelar Dr. rer. nat, masih cukup asing di telinga, bukan? Dirangkum dari berbagai sumber, artikel kali ini akan mengulas apa itu gelar Dr. rer. nat?

Apa Itu Gelar Dr. rer. nat?


Dr. rer. nat. sendiri adalah kependekan dari Doctor rerum naturalium, yang jika ditermahkan ke bahasa Indonesia memiliki arti Doktor Ilmu Sains.

Gelar doktor berbasis riset yang berasal dari Jerman dan diberikan kepada seseorang yang telah berhasil menempuh pendidikan jenjang doktor (berbasis riset) di bidang ilmu alam.

Gelar doktor tersebut hampir selalu diberikan berdasarkan pengakuan terhadap riset akademik yang mencapai standar dan layak diterbitkan (meskipun kenyataannya mungkin tidak diterbitkan) dan mewakili paling tidak satu sumbangan kecil terhadap pengetahuan manusia.

Tak hanya gelar Dr. rer. nat., di Jerman masih ada beberapa gelar doktor berbasis riset lainnya yang dibedakan menurut bidang ilmu yang ditekuni kandidat.

Beberapa di antaranya adalah Doktor ilmu pertanian (doctor agricultur, Dr. agr.), Doktor ilmu-ilmu teknik (doctor ingenieur, Dr.-Ing.) Doktor ilmu ekonomi (doctor rerum oeconomicum, Dr. rer.oec.).

Gelar Doktor Lain Perguruan Tinggi di Jerman

Gelar doktor di Jerman diberikan berbasis riset. Gelar doktor dari negara ini (dan juga Swiss dan Austria) dibedakan menurut aspek pengetahuan yang ditekuni kandidat. Beberapa di antaranya:

1. Doktor pengetahuan pertanian (doctor agricultur, Dr. agr.)

2. Doktor ilmu-ilmu teknik (doctor ingenieur, Dr.-Ing.)

3. Doktor pengetahuan ekonomi (doctor rerum oeconomicum, Dr. rer.oec.)

Doktor di aspek profesional diberikan pada aspek tertentu (kedokteran).
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1993 seconds (0.1#10.140)