25 Kampus Jurusan Arsitektur Favorit di Indonesia, Wujudkan Impian Jadi Arsitek Top

Selasa, 29 Agustus 2023 - 08:53 WIB
loading...
A A A
Jurusan Arsitektur UAJY berada di bawah naungan Fakultas Teknik, jurusan Arsitektur di kampus ini mulai berdiri sejak tahun 1981 silam. Jurusan arsitektur di UAJY juga menjadi yang terbaik di Indonesia.

2.Universitas Teknologi Yogyakarta


Program Studi Arsitektur Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) berhasil meraih Akreditasi A yang diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Surat Keputusan tersebut diterbitkan pada tanggal 6 Juni 2017 dan berlaku hingga 6 Juni 2022. Dengan predikat seperti itu, kamu bisa mempertimbangkan jurusan Arsitektur UTY ini sebagai kampus dan jurusan pilihan kamu.

3.Universitas Kristen Indonesia (UKI)


Universitas Kristen Indonesia (UKI) pernah menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik pada 2011 versi Pusat Data dan Analisa Tempo (PDAT) Tempo. Dengan pencapaiannya sebagai PTS terbaik tersebut, maka tak heran jika peminat di universitas ini semakin meningkat tiap tahunnya. Apalagi jurusan Arsitektur UKI rupanya menjadi salah satu yang difavoritkan juga oleh para calon mahasiswa dan mahasiswi yang melamar ke kampus tersebut.

4.Universitas Pancasila


Program Studi Arsitektur di Universitas Pancasila memiliki misi mulia yakni menjadi Program Studi Arsitektur yang dapat menghasilkan sarjana Arsitektur unggul dan mampu bersaing dalam bidang perancangan arsitektur bangunan dan arsitektur kawasan yang memenuhi kebutuhan pengguna menuju persaingan global. Dengan misi seperti itu, maka sangat tidak mengherankan jika banyak peminat jurusan Arsitektur di Universitas Pancasila ini.

5. Universitas Bina Nusantara


Universitas Bina Nusantara atau juga dikenal dengan nama Binus University, adalah salah satu universitas swasta yang berlokasi di Jakarta, Indonesia. Kampus ini awalnya adalah sebuah institusi pelatihan komputer Modern Computer Course pada 21 Oktober 1974, dan berkembang dan akhirnya berubah menjadi Universitas pada 8 Agustus 1996, Universitas Bina Nusantara. Salah satu Program Studi unggulan yang juga ditawarkan oleh Binus adalah Arsitektur.

6.Universitas Gunadarma


Program pendidikan Teknik Arsitektur sebagai bagian dari Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Gundarma didirikan dengan memprioritaskan diri pada pengembangan rancang bangun yang berorientasi pada lingkungan urban dengan pendekatan pembelajaran dan alat bantu teknologi informatika.

Sudah banyak lulusan Arsitektur Gunadarma yang membuat jurusan ini juga banyak diminati. Bagi kamu yang tertantang dengan konsep sebuah gedung dan membuat desain maka jangan ragu untuk memilih jurusan Arsitektur Gunadarma.

7.Universitas Tarumanagara


Arsitektur Universitas Tarumanagara memiliki visi menjadi program yang unggul dan dikenal luas di dalam negeri maupun manca negara, aktif berkiprah di bidang akademis arsitektural dan kemanusiaan. Oleh karenanya, jika kamu memiliki minat untuk mempelajari tentang arsitektur, maka kamu bisa mempertimbangkan Universitas Tarumanagara ini.

8.Universitas Islam Indonesia

Melansir dari laman resmi UII, Program Studi arsitektur UII memiliki sistem pendidikan menerus 4 + 1 tahun yang berstandar internasional. Dalam menjalankan program pendidikan ini, kurikulum 2013 UII mengacu ke standar Korea Architectural Accrediting Board (KAAB) dan Canberra Accord di bawah UIA-UNESCO, serta acuan pendidikan arsitektur dari Asosiasi Pendidikan Tinggi Arsitektur Indonesia (APTARI) dan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI).

9.Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ)


Jurusan Arsitektur didirikan pada tahun 1978 melengkapi jurusan-jurusan yang telah ada dilingkungan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta. Dalam perkembangannya sampai saat ini, Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta telah banyak mengalami kemajuan dalam berbagai segi.


10.Universitas Trisakti


Mengutip https://arsitektur.ftsp.trisakti.ac.id, struktur kurikulum Program Studi Sarjana Arsitektur, Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Trisakti direncanakan sebagai kurikulum program studi yang berkelanjutan, yakni sejak program studi arsitektur level 6, Program Studi Profesi Arsitek/PPArs (level 7), Program Studi Magister Arsitektur (level 8), hingga Program Studi Doktor Arsitektur (level 9).

Kurikulum Program Studi Sarjana Arsitektur Universitas Trisakti dirancang dengan Sistem Kredit Semester. Jumlah total beban studi adalah 144 (seratus empat puluh empat) satuan kredit semester (sks). Jumlah mata kuliah adalah 44 (empat puluh empat) unit mata kuliah, termasuk 4 (empat) unit mata kuliah pilihan dengan beban 12 sks. Pada Mata Kuliah Pilihan I sd IV ini menawarkan 32 (tiga puluh dua) unit mata kuliah pilihan.

11.Universitas Katolik Parahyangan


Kampus satu ini mengerahkan tim Mahasiswa Arsitektur mereka untuk berlaga di ajang Futurarch Prize 2018 yang lalu dan menyabet juara 1. Ajang ini merupakan sayembara arsitektur internasional tahunan yang diselenggarakan oleh Futurarc Journal sebagai salah satu media terdepan dalam pengembangan arsitektur hijau di Asia. Dengan prestasi demikian, tidak heran bukan jika banyak yang menginginkan masuk ke UNPAR dan mengambil jurusan Arsitektur.

12. Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW)


Program Studi Arsitektur UKDW telah meraih Peringkat Akreditasi A (Sangat Baik) dari Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT) sejak tahun 2005. Program Studi Arsitektur UKDW juga berencana untuk mengembangkan sistem belajar Research by Design antara lain dengan penerapan tugas-tugas tematik setiap tahun akademik yang kemudian dijadikan acuan oleh para dosen dalam menentukan tugas-tugas kepada mahasiswa. Tidak heran, UKDW menjadi salah satu kampus dengan jurusan arsitektur terbaik di Indonesia yang begitu diminati.

13.Universitas Katolik Soegijapranata


Program Studi Arsitektur Fakultas Arsitektur dan Desain (FAD) Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang telah meraih nilai unggul (A) untuk akreditasi Program Studi. Oleh karena itu beberapa pengembangan pun dilakukan. Di antaranya pengembangan berupa penguatan karakter mahasiswa sesuai dengan pola ilmiah pokok (PIP) Unika eco settlement yang berkarakter ekologis

14.Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)


Program Studi di Universitas Muhammadiyah Surakarta juga telah mengantongi Akreditasi A yang menandakan bahwa kampus ini layak masuk menjadi kampus dengan jurusan Arsitektur terbaik di Indonesia yang bisa kamu pertimbangan.
(wyn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3878 seconds (0.1#10.140)