Tanri Abeng University Luluskan 161 Wisudawan, Ini Pesan Penting Rektor

Minggu, 27 Agustus 2023 - 21:07 WIB
loading...
Tanri Abeng University Luluskan 161 Wisudawan, Ini Pesan Penting Rektor
Wisuda program sarjana (S1) dan Pascasarjana (S2) Angkatan VII Tahun 2023 Tanri Abeng University (TAU). Foto/TAU.
A A A
JAKARTA - Rektor Tanri Abeng University (TAU) Dr Tanri Abeng MBA, mengatakan lulusan perguruan tinggi harus bisa menjadi wirausahawan maupun profesional di bidangnya. Harus menguasai kemampuan di bidang khusus dan menjadi ahli di situ. Jangan hanya menjadi lulusan yang memiliki kemampuan umum saja.

Dia menambahkan, perubahan teknologi yang semakin pesat membuat generasi muda harus terus berinovasi. Harus beradaptasi dengan situasi yang terus berubah dengan cepat. ‘’Jangan pernah berhenti belajar. Ilmu harus selalu diperdalam sesuai dengan perkembangan yang terjadi. Skill harus selalu diasah agar tetap tajam. Dengan cara ini, lulusan perguruan tinggi akan mampu menyesuaikan diri dengan kebutuhan industri,’’ katanya, melalui siaran pers, Minggu (27/8/2023).

Baca juga: Kisah Etik Nur Hasanah, Anak Petani Diterima di 6 Kampus Luar Negeri Ternama

Pesan ini disampaikan saat wisuda program sarjana (S1) dan Pascasarjana (S2) Angkatan VII Tahun 2023 di TAU pada Sabtu, (26/8/2023). Wisuda yang berlangsung di Ballroom Mayapada itu mengambil tema “Be Competitive and Innovative Leaders in the Emerging Era of Society 5.0.”

Wisuda tahun ini diikuti oleh 161 wisudawan dan berlangsung dalam dua sesi. Selain itu, ada beberapa narasumber yang menjadi keynote speech seperti Kepala LLDIKTI Wilayah III Prof. Dr. Toni Toharudin, S.Si, M.Sc, founder dan CEO IBEKA Ir. Tri Mumpuni Wiyatno dan Presiden Komisaris PT. Pure Data Center Grup Indonesia sekaligus komisaris PT. New Priok Container Terminal One, Dr. Darwin Silalahi, S.Si, MBA, MMR.

Sementara Toni Toharudin mengungkapkan bahwa perguruan tinggi di Indonesia saat ini menjadi penyumbang penggangguran sebesar 12 persen. Hal ini terjadi karena tidak adanya link and match antara skill dengan apa yang dibutuhkan.

Baca juga: Jadi Mahasiswa Termuda ITB Jurusan Kimia, Begini Cerita Tamima Meirizqeena

Kini, pemerintah sedang mengatasi permasalahan tersebut melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). ‘’Program ini disiapkan agar mahasiswa lebih siap menghadapi kebutuhan dunia kerja saat ini dan menjadi agen perubahan di masa depan,’’ paparnya.

Sementara Tri Mumpuni mengharapkan agar lulusan perguruan tinggi dapat menjadi manusia yang bermanfaat bagi sesamanya, sehingga dapat memiliki energi kemanusiaan. Di sinilah kita harus belajar.

Oleh karena itu, empati menjadi sangat penting sehingga energi kemanusiaan bukanlah hanya logika saja. Sebagai seorang sarjana diharapkan memiliki empat macam kompetensi yang ada, yaitu keteknisian, kerakyatan, kejuangan, dan keikhlasan,’’ katanya.

Yang menarik, di antara para wisudawan terdapat petugas kebersihan (office boy) Tanri Abeng University yang ikut menjadi sarjana. Dia adalah Rusnawan yang berhasil meraih gelar sarjana komputer (S.Kom) dari Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik dan Teknologi.

Dia bisa mengikuti kuliah setelah difasilitasi dan mendapat beasiswa dari Tanri Abeng University. Selain office boy, TAU juga meluluskan 3 pegawai di perguruan tinggi ini, yakni Farid Miki, S.T, Ashadi, S.Kom, dan Saffei, S.T.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2726 seconds (0.1#10.140)