6 Cara Meningkatkan Akreditasi Kampus Agar Berpredikat Unggul, Ini Strateginya

Senin, 28 Agustus 2023 - 14:49 WIB
loading...
6 Cara Meningkatkan Akreditasi Kampus Agar Berpredikat Unggul, Ini Strateginya
Setiap kampus atau perguruan tinggi pastinya ingin mengupayakan perolehan nilai akreditasi berpredikat Unggul sebagai kategori tertinggi Akreditasi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 6 cara untuk meningkatkan Akreditasi kampus agar berpredikat Unggul. Tahukah kamu bahwa nilai akreditasi bisa ditingkatkan? Tentunya dengan terlebih dahulu memahami tata cara meningkatkan akreditasi kampus.

Setiap kampus atau perguruan tinggi pastinya ingin mengupayakan perolehan nilai akreditasi setinggi mungkin. Namun, untuk meraih hal tersebut ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan. Meskipun begitu tetap bisa diusahakan dan berikut informasinya. Artikel kali ini akan membahas tentang 6 cara meningkatkan Akreditasi kampus agar berpredikat Unggul.

6 Cara Meningkatkan Akreditasi Kampus Jadi Unggul

1. Memperhatikan Kualitas Kurikulum Pendidikan yang Dijalankan


Pendidikan adalah kebutuhan vital masyarakat yang tentu saja menjadi bisnis abadi dan potensial. Namun, pemerintah menghendaki sektor pendidikan bukan hanya menjadi lahan bisnis.

Sebab berhubungan dengan kualitas generasi penerus bangsa. Maka kurikulum pendidikan yang ideal adalah mengedepankan mutu pendidikan bukan sekedar membebankan biaya pendidikan mahal dan membebani masyarakat.

2. Mengoptimalkan Sarana dan Prasarana Pendidikan

Salah satu aspek penilaian BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi) dalam proses akreditasi adalah kualitas dan kuantitas dari sarana dan prasarana pendidikan. Seluruh perguruan tinggi diharapkan menyediakan fasilitas pendidikan yang baik dan sesuai kebutuhan mahasiswa.



Misalnya fasilitas perpustakaan. Sebuah perguruan tinggi diharapkan tidak hanya memiliki gedung yang difungsikan sebagai perpustakaan saja. Akan tetapi juga memiliki koleksi literatur yang lengkap untuk mendukung pembelajaran mahasiswa.

Maka cara meningkatkan akreditasi kampus adalah dengan mengoptimalkan kuantitas dan kualitas seluruh sarana dan prasarana yang dimiliki. Sehingga layanan pendidikan yang disediakan punya mutu yang baik dan hasil maksimal.

3. Membangun Sistem Tata Kelola Kampus yang Modern


Selanjutnya adalah membangun sistem tata kelola kampus yang baik dan modern. Sudah sejak lama, pemerintah melalui BAN-PT menghendaki setiap perguruan tinggi memiliki sistem tata kelola berbasis internet. Misalnya sistem pendaftaran mahasiswa baru secara online.

4. Meningkatkan Kualitas SDM


Cara keempat untuk meningkatkan akreditasi kampus adalah dengan meningkatkan kualitas SDM. Misalnya dengan merekrut dosen dengan ijazah minimal S2 atau bahkan S3. Kemudian hanya merekrut dosen yang lulus dari perguruan tinggi terakreditasi.

Langkah lain untuk memenuhi kriteria penilaian akreditasi dari aspek SDM, adalah mendukung dosen-dosen memiliki karier akademik yang baik. Jadi, pihak perguruan tinggi harus membangun kebijakan yang membantu dosen mengembangkan jabatan fungsionalnya.

5. Meningkatkan Pencapaian Tri Dharma


Berikutnya adalah dengan meningkatkan pencapaian aktivitas Tri Dharma yang mencakup pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Semakin maksimal aktivitas Tri Dharma semakin mudah memenuhi salah satu kriteria penilaian akreditasi.



Hal ini akan memudahkan PT yang bersangkutan untuk memaksimalkan nilai akreditasi. Tentunya untuk mencapai hal ini tidak bisa hanya mengandalkan kinerja dosen. Pihak PT juga perlu menyediakan fasilitas dan kebijakan yang mendukung.

6. Melakukan Berbagai Kolaborasi


Cara meningkatkan akreditasi kampus yang terakhir adalah melakukan berbagai kolaborasi. Kolaborasi membantu sebuah PT untuk memaksimalkan pencapaian Tri Dharma.

Misalnya, bisa mendukung dosen di bawah naungannya untuk melaksanakan kegiatan penelitian dengan dosen-dosen dan peneliti dari kampus lain di dalam maupun luar negeri. Sehingga bisa memaksimalkan publikasi ilmiah.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1731 seconds (0.1#10.140)