8 PTN yang Punya Bus Kampus, Solusi Kurangi Polusi Udara

Selasa, 29 Agustus 2023 - 12:30 WIB
loading...
A A A
Bus berkapasitas 30 orang ini gratis untuk sivitas ITS yang beroperasi mulai jam 6 pagi hingga 5 sore dengan kecepatan tak boleh melebihi 30 km/jam.

Ada dua rute berbeda serta berhenti pada 20 tempat pemberhentian bus (bus stop). Mulai dari asrama mahasiswa ITS hinga ke asrama mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dan sebaliknya.

5. Universitas Airlangga (Unair)


Unair menamakan bus kampusnya dengan bus Fast Local Area Shuttle (FLASH) yang bertugas mengantarkan mahasiswa dan para staf dari kampus B, menuju kampus A, dan C. Begitu pula sebaliknya. Bus FLASH beroperasi setiap jamnya mulai pukul enam pagi hingga delapan malam.

Calon penumpang dapat menanti kedatangan bus FLASH di halte yang tersedia di masing-masing kampus.

6. Universitas Lampung (Unila)


PTN yang terletak di Provinsi Lampung dan memiliki luas 800 ribu m2 ini memang membutuhkan bus kampus untuk mobilitas mahasiswa, tenaga pendidik, dan juga dosen di Unila.

Bus yang melayani penumpang internal kampus ini akan beroperasi setiap 10 menit dengan rute dimulai dari area parkir, menuju fakultas pertanian, perpustakaan, fakultas teknik, fakultas ekonomi, fakultas hukum, FKIP, fakultas kedokteran, dan FMIPA. Selanjutnya kembali lagi ke titik penjemputan.

7. Universitas Padjadjaran (Unpad)


Unpad juga memiliki sarana transportasi kampus gratis dengan menggunakan mikrobus dengan jam operasional mulai pukul 7 pagi hingga jam 4 sore.

Pengguna layanan angkutan kampus Universitas Padjadjaran Jatinangor saat ini semakin dimudahkan dengan tersedianya informasi virtual untuk mengetahui keberadaan lokasi kendaraan secara waktu nyata (real time). Layanan informasi ini dapat diakses di laman http://sarpras.unpad.ac.id/angkutankampus

8. Universitas Sebelas Maret (UNS)


UNS juga mempunyai layanan bus kampus yang beroperasi selama hari kerja Senin – Jumat. Untuk menjangkau seluruh fakultas, rute bus dibagi dalam dua jalur, yaitu: Barat dan Timur.

Pasti masih banyak lagi perguruan tinggi yang mempunyai bus kampus sebagai transportasi massal yang bisa mengurangi emisi udara. Semoga informasi ini bermanfaat ya.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4076 seconds (0.1#10.140)