8 PTN yang Punya Bus Kampus, Solusi Kurangi Polusi Udara

Selasa, 29 Agustus 2023 - 12:30 WIB
loading...
8 PTN yang Punya Bus Kampus, Solusi Kurangi Polusi Udara
8 PTN yang mempunyai bus kampus untuk menunjang mobilitas dan menekan polusi udara. Foto/UNS.
A A A
JAKARTA - Sejumlah perguruan tinggi memiliki bus kampus untuk mempermudah akses mahasiswa dan dosen. Adanya transportasi kampus juga dapat membantu untuk menekan polusi udara.

Sumber emisi transportasi menjadi salah satu sektor terbesar penyumbang buruknya kualitas udara di sejumlah daerah di Indonesia. Bahkan Korlantas Polri mencatat jumlah kendaraan bermotor di Indonesia yang aktif sampai 9 Februari 2023 mencapai 153.400.392 unit.

Adanya transportasi massal sejatinya dapat menekan jumlah kendaraan pribadi tersebut. Masyarakat bisa melakukan perjalanan secara lebih fleksibel sejak dari rumah hingga tempat tujuan baik untuk bekerja maupun belajar.

Perguruan tinggi pun sudah banyak yang menyediakan transportasi kampus demi menunjang pergerakan mahasiswa dan dosen ke kelas dan juga demi menghijaukan kampusnya.

Baca juga: Ini Perbedaan Magister Hukum dan Kenotariatan, Jangan Tumpang Tindih Ya

Dikutip dari laman resmi masing-masing, berikut delapan perguruan tinggi negeri (PTN) yang mempunyai bus kampus.

8 PTN yang Mempunyai Bus Kampus

1. Universitas Indonesia


Area kampus UI yang sedemikian luas mencapai 320 hektar memang membutuhkan moda transportasi untuk mobilitas warga UI yang cepat, tepat, murah, dan ramah lingkungan.

Maka UI pun menyediakan Bikin yang bisa dimanfaatkan sivitas akademika UI. eberangkatan bikun UI dimulai dari asrama mahasiswa UI dan terbagi dalam dua rute, yang ditandai dengan warna merah untuk rute lurus dan biru untuk rute belok dengan titik pisah di bundaran Fakultas Psikologi.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)


Sebagai implementasi UGM Green Campus, UGM mengoperasikan layanan Trans Gajah Mada yaitu bus listrik ramah lingkungan untuk mempermudah mobilitas sivitas UGM di lingkungan kampus.

Bus ini akan mengelilingi area kampus setiap harinya dengan didukung 35 halte dan terintegrasi dengan jalur pedestrian, stasiun sepeda, kantong parkir dan beberapa halte Trans Jogja.

3. IPB University


IPB University juga mengandalkan sarana transportasi massal bus yang dioperasikan sebanyak 8 unit dengan fasilitas full ac. Bus akan berhenti dan menaikkan penumpang di halte yang telah ditentukan.

Kedelapan unit bus ini akan beroperasi mengelilingi kampus ini mulai dari pukul 6 pagi hingga 6 sore pada kondisi normal. Bus beroperasi Senin hingga Jumat dan pada libur kampus dan nasional tidak beroperasi.

Baca juga: Apakah Sarjana Terapan Bisa Melanjutkan S2? Ini Penjelasannya

4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)


PTN yang berlokasi di Surabaya ini pun telah memiliki bus kampus yang beroperasi mulai Senin , 6 Februari 2017.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1665 seconds (0.1#10.140)