Menjadi Mahasiswa Berprestasi Sesulit Apa? Ini Strateginya

Rabu, 30 Agustus 2023 - 15:24 WIB
loading...
A A A
Dengan pertemanan tersebut, kamu bisa membentuk kelompok belajar, mendiskusikan ide-ide untuk proyek, berbagi dan saling membantu saat ada kesulitan studi, dan juga melakukan aktivitas seru lainnya. Membangun jaringan yang bisa memperluas pergaulan ini, kamu akan menemukan banyak peluang yang bisa membuatmu meraih banyak prestasi

8. Aktif dalam Klub atau Organisasi Sewajarnya


Cara menjadi mahasiswa berprestasi berikut adalah dengan mengikuti organisasi mahasiswa ataupun ekstrakurikuler. Pilih klub atau organisasi yang sesuai dengan hobi dan passion kamu. Terlibat dalam organisasi akan memberikan banyak pengalaman yang tidak kamu dapatkan saat berada dalam kelas kuliah.



Selain mendapatkan pengalaman berbeda, kamu jadi bisa meng-upgrade dirimu. Kamu akan berkesempatan untuk belajar bagaimana cara bekerja bersama tim, komunikasi, kesempatan networking untuk membangun hubungan yang berguna dalam jalan karier kedepannya, dan juga mengembangkan skill kepemimpinan.

Terlebih, dengan banyak koneksi, kamu bisa membuka jalan untuk eksplorasi diri seperti perlombaan, turnamen, ataupun proyek lainnya. Kamu pastinya akan jauh lebih maksimal dalam meraih kesempatan sukses dalam berkarya.

9. Open-minded Terhadap Masukan


Berpikiran terbuka merupakan salah satu cara menjadi mahasiswa berprestasi! Dengan pemikiran terbuka, kamu akan lebih mudah berdiskusi mengenai banyak hal untuk meningkatkan pengetahuanmu demi mencapai tujuan prestasi akademik. Cobalah luangkan waktu untuk bertukar pikiran dengan teman, dosen, ataupun civitas akademika di perguruan tinggi.

Kamu akan menemukan berbagai macam ide baru, bebas melihat dunia yang luas, hingga masukan-masukan yang bisa menjadi feedback untukmu. Saat berdiskusi, jangan lupa untuk lapang dada dalam menerima kritikan orang lain sebagai keuntungan untuk memperbaiki diri lebih baik lagi.

10. Cari Mentor Terbaik


Langkah selanjutnya untuk menjadi seorang mahasiswa berprestasi adalah dengan mencari seorang mentor. Saat menempuh pendidikan tinggi, kamu akan merasakan kurikulum yang padat, tugas non-stop, dan banyak belajar. Saat kamu mulai khawatir, kamu bisa mencari bantuan dari mentor.

Mentor terbaik, alias berpengalaman, bisa membantu menuntunmu ke jalan yang tepat untuk menggapai prestasi. Mereka akan mendukung dengan membantumu untuk terus berjalan dan semangat ketika keadaan menjadi sulit.
(wyn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1534 seconds (0.1#10.140)