5 PTN Tertua di Pulau Sumatra, Cek Fakultas yang Tersedia

Senin, 11 September 2023 - 12:45 WIB
loading...
5 PTN Tertua di Pulau Sumatra, Cek Fakultas yang Tersedia
Mengulas lima perguruan tinggi negeri (PTN) tertua di Pulau Sumatra. Mulai Universitas Andalas hingga Universitas Sriwijaya. Foto/Unand.
A A A
JAKARTA - Artikel kali ini akan mengulas lima Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tertua di Pulau Sumatra. Kelima kampus negeri ini pun sudah masuk daftar pemeringkatan dunia seperti QS World University Ranking dan UniRank.

Jika selama ini kalian hanya mengenal PTN yang berlokasi di Pulau Jawa, seperti UGM, ITB, IPB University, atau Unair maka kali ini kita akan mengupas mengenai kampus negeri yang berada di Pulau Sumatra.

Pulau Sumatra memiliki banyak perguruan tinggi yang berkualitas dan patut dilirik sebagai pilihan melanjutkan ke perguruan tinggi, baik itu perguruan tinggi negeri dan juga perguruan tinggi swasta.

Terkait PTN, kali ini akan diulik mengenai PTN tertua yang ada di Pulau Sumatra seperti Unand, UNP, USK, USU, dan Unsri.

Baca juga: Riwayat Pendidikan Anak Ganjar Pranowo, Muhammad Zinedine Alam Ganjar, Sama-sama Kuliah di UGM

Dikutip dari masing-masing laman resmi, berikut ini 5 PTN tertua di Pulau Sumatra dan fakultas yang tersedia.

5 PTN Tertua di Pulau Sumatra

1. Universitas Andalas (Unand)


Kampus negeri kebanggaan masyarakat Sumatra Barat ini hadir seiring dengan diproklamirkannya kemerdekaan RI oleh Soekarno-Hatta.

Diawali oleh pendirian enam akademi yakni kademi Pamong Praja, Akademi Pendidikan Jasmani, dan Akte A Bahasa Inggris, Akademi Kadet, dan Sekolah Inspektur Polisi pada 1948.

Lalu pada 17 Agustus 1951, Yayasan Sriwijaya berinisiatif mendirikan Balai Perguruan Tinggi Hukum Pancasila (BPTH). Pemerintah kemudian mengikuti dengan mendirikan Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) di Batu Sangkar pada 1954.
5 PTN Tertua di Pulau Sumatra, Cek Fakultas yang Tersedia

Universitas Andalas. Foto/Unand

Disusul Perguruan Tinggi Negeri Pertanian di Payakumbuh pada 30 November 1955 dan Fakultas Kedokteran serta Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Pengetahuan Alam di Bukittinggi pada tanggal 7 September 1955.

Kelima fakultas inilah yang menjadi embrio pendirian Unand. Wakil Presiden pertama Indonesia Mohammad Hatta yang mengusulkan nama Universitas Andalas yang merujuk kepada nama Pulau Sumatra.

Pada 13 September 1956 Wakil Presiden Drs. Mohammad Hatta meresmikan pembukaan Universitas Andalas di Bukittinggi. PTN yang pada daftar QS WUR 2024 ini berada di raking 1401+ dunia saat ini dipimpin oleh Rektor Prof dr Yuliandri.

Unand saat ini memiliki sejumlah fakultas yaitu Fakultas Hukum, Pertanian, Kedokteran, MIPA, Ekonomi, Peternakan, Ilmu Budaya, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Teknik, Farmasi, Teknologi Pertanian, Kesehatan Msyarakat, Teknologi Informasi, dan Keperawatan.

2. Universitas Negeri Padang (UNP)


Universitas Negeri Padang dulunya berstatus sebagai Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) bernama IKIP Padang yang berdiri sejak 23 Oktober 1954.

Perubahan IKIP Padang menjadi Universitas Negeri Padang (UNP) ditetapkan dengan Kepres Nomor 93 tahun 1999 Tanggal 24 Agustus 1999.
5 PTN Tertua di Pulau Sumatra, Cek Fakultas yang Tersedia

Universitas Negeri Padang. Foto/UNP

Sebelumnya, berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdikbud Nomor 1499/D/1996 tanggal 20 Juni 1996, Dirjen Dikti menyetujui pemberian tugas yang lebih luas kepada IKIP Padang untuk menyelenggarakan program-program studi nonkependidikan, di samping tetap menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan tenaga kependidikan.

PTN di peringkat 30 terbaik di Indonesia versi UniRank 2023 ini memiliki 9 fakultas dan satu sekolah pascasarjana yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Seni, Matematika dan IPA, Ilmu Sosial, Teknik, Ilmu Keolahragaan, Ekonomi, Pariwisata dan Perhotelan, serta Fakultas Psikologi dan Kesehatan.

3. Universitas Sumatera Utara (USU)


Kampus negeri yang berlokasi di Medan, Sumatra Utara ini diawali pendiriannya pada 31 Desember 1951 dengan pembentukan panitia persiapan perguruan tinggi yang diketuai Dr Soemarsono.

Lalu pada 20 Agustus 1952, berdirilah Fakultas (Fakultet, sebutan Fakultas saat itu) Kedokteran yang mahasiswanya kala itu hanya berjumlah 27 mahasiswa, dua di antaranya wanita.

Perkembangannya makin melesat dengan pendirian fakultas baru seperti Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat pada 1954, Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta Fakultas Pertanian pada 1956.

Kemudian pada 20 November 1957 Presiden Soekarno meresmikan Yayasan Universitet Sumatera Utara sebagai perguruan tinggi negeri ketujuh di Indonesia.
5 PTN Tertua di Pulau Sumatra, Cek Fakultas yang Tersedia


Universitas Sumatera Utara. Foto/USU

Kini USU yang menjadi PTN Badan Hukum (PTN BH) memiliki 16 fakultas di antaranya Kedokteran, Ilmu Hukum, Agroteknologi, Agribisnis, Peternakan, dan Ilmu dan Teknologi Pangan.

PTN yang pada pemeringkatan QS World University Ranking 2024 berada di peringkat 1201-1400 ini juga memiliki fakultas Teknik Pertanian dan Biosistem, Manajemen Sumber Daya Perairan, Agroteknologi Kab Nias Utara, Teknik Kimia, Teknik Sipil, Manajemen Sumber Daya Perairan Kab Nias Utara.

4. Universitas Syiah Kuala (USK)


Universitas Syiah Kuala yang berada di Jalan Teuku Nyak Arief Darussalam, Banda Aceh ini merupakan kampus negeri tertua di Aceh yan berdiri pada 2 September 1961, pendirian USK dikukuhkan dengan Keputusan Presiden RI No 161 Tahun 1962.
5 PTN Tertua di Pulau Sumatra, Cek Fakultas yang Tersedia


Universitas Syiah Kuala. Foto/USK

Pendirian Universitas Syiah Kuala ini diawali dengan pembentukan Yayasan Dana Kesejahteraan Aceh (YDKA) pada 21 April 1958 yang dibentuk untuk mengadakan pembangunan dalam bidang rohani dan jasmani guna mewujudkan kesejahteraan dan kebahagiaan bagi masyarakat.

PTN yang masuk peringkat 15 terbaik di Indonesia menurut UniRank 2023 ini 12 fakultas yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Kedokteran Hewan, Hukum, Teknik, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Pertanian, Kedokteran, MIPA, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Keperawatan, Kedokteran Gigi, dan Fakultas Kelautan dan Perikanan.

5. Universitas Sriwijaya (Unsri)


Proses pendirian Universitas Sriwijaya sudah digaga sejak awal tahun 1950-an yang diprakarasi beberapa pemuka masyarakat dengan mendirikan suatu yayasan bernama Yayasan Perguruan tinggi Syakhyakirti.

Yayasan tersebut pun membuka Fakultet Ekonomi pada 1953 dan Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat pada 1957. Hingga akhirnya pada Universitas Sriwijaya diresmikan pada 3 November 1960 oleh Presiden Soekarno.
5 PTN Tertua di Pulau Sumatra, Cek Fakultas yang Tersedia

Universitas Sriwijaya. Foto/SINDOnews

Saat ini Universitas Sriwijaya yang berada di peringkat 55 di Indonesia versi UniRank 2023 ini memiliki 10 fakultas dan satu program pascasarjana yaitu Fakultas Ekonomi, Hukum, Teknik, Kedokteran, Pertanian, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, MIPA, Ilmu Komputer, dan Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Demikian tadi lima perguruan tinggi negeri tertua di Pulau Sumatra. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4176 seconds (0.1#10.140)