15 Jurusan Teknik yang Lulusannya Paling Dibutuhkan dan Dicari di Dunia Industri

Rabu, 13 September 2023 - 13:15 WIB
loading...
A A A
Baca juga: 10 Negara dengan Biaya Kuliah Murah, Cocok untuk Kantong Pas-pasan

9. Teknik Telekomunikasi


Jurusan Teknik telekomunikasi akan mempelajari semua aspek tentang bagaimana kita berkomunikasi dalam jarak jauh, mulai dari sinyal, transmisi data, jaringan komputer, radio, teknologi radar, serta semua teori di balik itu.

Bagaimana peluang kerjanya? Alat telekomunikasi yang semakin berkembang sangat membutuhkan lulusan Teknik Telekomunikasi di dunia industri.

Misalnya saja dibutuhkan sebagai Teknisi Mekanik Radio, Network Engineer,
Operator Radio, Access Network Engineer, Arsitek Jaringan Komputer, Datacom Engineer, Arsitek Sistem Komputer, Programmer Komputer, Wireless Engineer, dan pekerjaan lainnya.

10. Teknik Perkapalan


Sebagai negara maritim, kapal menjadi transportasi yang penting untuk menunjang kegiatan ekonomi hingga pertahanan di Indonesia. Maka ahli dari perkapalan masih sangat dibutuhkan.

Jurusan Teknik Perkapalan mempelajari tentang semua hal yang berkaitan dengan kapal, seperti perancangan dan pembangunan kapal, pengoperasian kapal, dan bisnis pengoperasian armada kapal.

Kamu pun bisa bekerja di beberapa bidang seperti pembangunan kapal baru, pembangunan sarana industri lepas pantai, pemeliharaan dan reparasi kapal, dan sebagainya.

11. Teknik Lingkungan


Dengan masuk ke jurusan ini, kamu akan belajar tentang bagaimana menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas penyakit dengan teknik dan teknologi. Ruang lingkupnya pun cukup luas, mulai dari pengelolaan kesehatan lingkungan, upaya pengendalian pencemaran, sistem drainase, dan sebagainya.

Lulusannya bisa bekerja di industri-industri yang bergerak di Industri bidang petrokimia, minyak, pertambangan, hingga kementerian seperti Kementerian Lingkungan Hidup, ESDM, Perindustrian juga Kementerian Kelautan dan Perikanan juga membutuhkan lulusan Teknik Lingkungan ini.

Baca juga: 5 Kampus dengan Jurusan Ilmu Keperawatan Terbaik Dunia, Mayoritas Ada di Amerika

12. Teknik Pesawat Udara


Teknik Pesawat Udara adalah program studi berjenjang Diploma II (D2) yang dapat ditemui di sekolah-sekolah penerbangan. Siswa prodi ini disebut dengan taruna/taruni. Misalnya lisensi A1 untuk kecakapan rangka pesawat, lisensi A3 untuk pistone engine, A4 untuk turbine engine, dan lainnya.

Kalian yang sudah lulus jurusan ini bisa menjadi teknisi pesawat atau helikopter di berbagai maskapai penerbangan domestik dan internasional selain peluang kerja lainnya di industri aviasi.

13. Teknik Material


Ilmu material atau teknik material atau ilmu bahan adalah sebuah interdisipliner ilmu teknik yang mempelajari sifat material dan aplikasinya terhadap berbagai bidang ilmu dan teknik. Ilmu ini mempelajari hubungan antara struktur material dan sifatnya.

Pada bidang ini, seorang sarjana Teknik Material dapat berperan sebagai insinyur pengelasan, korosi, inspeksi, dan perawatan alat-alat produksi.

14. Teknik Robotika


Jurusan Teknik Robotika mempelajari ilmu pengetahuan dan keterampilan atau kemampuan dalam perancangan robot yang canggih serta produktif dengan banyak kelebihan yang belum tentu bisa dilakukan oleh orang lain dan termasuk mempelajari konsep dasar robotika, perancangan robot, hingga ke level aplikasi di dunia kerja industri.

Lulusannya dapat bekerja di industri manufaktur mobil, kemasan makanan dan minuman, industri kosmetik dan farmasi, industri desain, dan industri terkemuka lainnya.

15. Arsitektur


Arsitektur termasuk jurusan di bidang teknik yang terbilang unik, karena gak hanya mempelajari hal yang bersifat teknis pada bangunan tetapi juga memperhatikan sisi estetikanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4064 seconds (0.1#10.140)