15 Jurusan Teknik yang Lulusannya Paling Dibutuhkan dan Dicari di Dunia Industri

Rabu, 13 September 2023 - 13:15 WIB
loading...
15 Jurusan Teknik yang Lulusannya Paling Dibutuhkan dan Dicari di Dunia Industri
15 jurusan teknik yang lulusannya paling dibutuhkan dan dicari dunia industri. Foto/fau.edu.
A A A
JAKARTA - Sejumlah jurusan teknik ini bisa menjadi pilihan calon mahasiswa baru yang ingin kuliah di fakultas teknik. Sebab 15 jurusan teknik ini disebut-sebut banyak dibutuhkan dan diburu di dunia industri saat ini.

Prospek karier yang cerah menjadi pertimbangan calon mahasiswa untuk memilih suatu jurusan kuliah. Jurusan Teknik ini menjadi salah satu yang dipilih karena lulusannya banyak dibutuhkan oleh dunia industri.

Dunia industri membutuhkan profesional di bidang teknik karena mahasiswanya telah mempelajari ilmu dan terapan yang lebih luas hingga praktikum yang lebih banyak dari pada jurusan lainnya.

Kemampuan teori dan juga basis praktik yang didapat di bangku perkuliahan ini yang membentuk hardskill dan softskill lulusan jurusan teknik sehingga memiliki kesempatan bekerja yang lebih luas.

Bagi kalian yang tertarik masuk jurusan teknik, berikut ini 15 jurusan teknik yang lulusannya paling dibutuhkan di dunia industri, dikutip dari laman Mau Kuliah. Urutan bukan berdasarkan pemeringkatan tertentu.

15 Jurusan Teknik Paling Dibutuhkan di Dunia Industri

1. Teknik Sipil


Lulusan dari Teknik Sipil bisa bekerja di berbagai perusahaan properti, konstruksi, atau pengembang. Kamu juga bisa bekerja di instansi pemerintah seperti Badan Perencanaan Nasional (BPN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan BUMN lain di bidang konstruksi.

Mengapa lulusan Teknik Sipil banyak dicari? Itu karena mereka telah mempelajari proses merancang, membangun dan merenovasi gedung, jalan, jembatan, bendungan, serta infrastruktur lainnya.

Bahkan lulusan dari jurusan ini punya peran penting dalam perkembangan suatu negara, terutama dalam pembangunan infrastruktur dan ekonomi.

2. Teknik Perminyakan


Jika kalian tertarik untuk belajar mengenai minyak bumi, gas alam dan panas bumi dan juga tentang eksplorasi, eksploitasi dan cara pengolahan minyak jurusan Teknik Perminyakan bisa menjadi rekomendasi.

Sebagai mahasiswa Teknik Perminyakan, kamu juga dituntut untuk inovatif dalam menentukan teknik yang lebih efisien dalam menghasilkan energi dengan tingkat emisi rendah.

Prospek kerja dari jurusan ini terkenal sangat menjanjikan karena sumber daya minyak termasuk salah satu sumber daya yang paling bernilai tinggi.

Baca juga: Lowongan Kerja September 2023 untuk Fresh Graduate, Cek Yuk Ada Astra hingga BI

Kamu bisa berkarier di perusahaan sektor migas nasional hingga internasional seperti Pertamina, Chevron, Total, Shell, dan masih banyak perusahaan bonafide lainnya.

3. Teknik Mesin


Dunia industri sangat membutuhkan ahli permesinan untuk memaksimalkan produksinya. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari prinsip-prinsip fisika yang akan diimplementasikan pada analisis, desain, manufaktur, dan pemeliharaan mesin.

Mahasiswa jurusan permesinan juga akan memperdalam beberapa cabang ilmu teknik mesin seperti mekanika, kinematika, teknik material, dan termodinamika.

Lulusan dari jurusan Teknik Mesin ini akan sangat dibutuhkan di berbagai macam industri, mulai dari manufaktur, teknologi, otomatif, pertambangan, dan sebagainya.

4. Teknik Industri


Berbeda dengan Teknik Mesin, di Teknik Industri kalian tidak hanya akan belajar mengenai seluk-beluk sebuah mesin manufaktur, namun juga akan mempelajari sistem manajemen sebuah industri.

Gabungan kedua ilmu itu pun membuat lulusannya gampang diterima di dunia industri, mulai dari industri kecil hingga industri besar. Kamu bisa bekerja di divisi spesialisasi teknik industri, divisi produksi, divisi engineering, divisi perencanaan biaya, hingga HRD.

5. Teknik Kimia


Jurusan ini mempelajari tentang proses dan cara mengubah bahan baku mentah dan bahan kimia menjadi sebuah produk yang bernilai secara komersial dengan memanfaatkan proses-proses kimia.

Prospek kerja dari lulusannya pun sangat luas seperti menjadi tenaga profesional di industri kimia, perminyakan, farmasi, hingga menjadi konsultan.

Baca juga: 5 Kampus dengan Jurusan Sosiologi Terbaik Dunia, No 1 Kampus Tertua di Amerika

6. Teknik Biomedik


Jurusan Teknik Biomedik adalah gabungan dari ilmu teknik (Enginering) dengan ilmu medis / kedokteran. Tujuan dari bidang ilmu ini adalah bagaimana mengembangkan teknologi yang bisa bermanfaat untuk mempermudah proses diagnosis, pengobatan, rehabilitasi, serta penyembuhan pasien.

Di luar negeri, jurusan Teknik Biomedik atau Teknik Biomedis dikenal juga dengan sebutan Biomedical Engineering.

Peluang kerja lulusan Teknik Biomedik seperti PNS di bidang kesehatan, teknisi radiologi medis, teknisi lab klinis, teknisi alat kesehatan, staf ahli informasi medis, teknisi rekam medis, guru hingga dosen.

7. Teknik Elektro


Apa itu jurusan Teknik Elektro? Teknik Elektro (Electrical Engineering) disebut juga Teknik Listrik / Elektronika. Jurusan atau program studi ini adalah bagian dari bidang teknik (engineering) yang mempelajari, mendesain dan mengaplikasikan komponen dan sistem yang memanfaatkan listrik (electricity), elektronika (electronics) dan electromagnetism.

Kalian bisa memilih bekerja sebagai teknisi komunikasi, teknisi sonar dan radar, spesialis sistem jatingan, hingga ahli robotik, hingga bekerja di industei telekomunikasi, manufaktur, pembangkit listrik, IT, hingga industri pertambangan dan perminyakan.

8. . Teknik Nuklir


Nuklir tak hanya digunakan untuk bom atom saja, melainkan nuklir juga bisa dimanfaatkan untuk bidang medis, pembangkit listrik, dan energi.

Prospek kerja di bidang ini bisa dibilang cukup menjanjikan. Kamu bisa bekerja di perusahaan pertambangan, perminyakan, dan perusahaan yang bergerak di bidang energi seperti PLN, PLTN, Pertamina, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), dan sebagainya.

Baca juga: 10 Negara dengan Biaya Kuliah Murah, Cocok untuk Kantong Pas-pasan

9. Teknik Telekomunikasi


Jurusan Teknik telekomunikasi akan mempelajari semua aspek tentang bagaimana kita berkomunikasi dalam jarak jauh, mulai dari sinyal, transmisi data, jaringan komputer, radio, teknologi radar, serta semua teori di balik itu.

Bagaimana peluang kerjanya? Alat telekomunikasi yang semakin berkembang sangat membutuhkan lulusan Teknik Telekomunikasi di dunia industri.

Misalnya saja dibutuhkan sebagai Teknisi Mekanik Radio, Network Engineer,
Operator Radio, Access Network Engineer, Arsitek Jaringan Komputer, Datacom Engineer, Arsitek Sistem Komputer, Programmer Komputer, Wireless Engineer, dan pekerjaan lainnya.

10. Teknik Perkapalan


Sebagai negara maritim, kapal menjadi transportasi yang penting untuk menunjang kegiatan ekonomi hingga pertahanan di Indonesia. Maka ahli dari perkapalan masih sangat dibutuhkan.

Jurusan Teknik Perkapalan mempelajari tentang semua hal yang berkaitan dengan kapal, seperti perancangan dan pembangunan kapal, pengoperasian kapal, dan bisnis pengoperasian armada kapal.

Kamu pun bisa bekerja di beberapa bidang seperti pembangunan kapal baru, pembangunan sarana industri lepas pantai, pemeliharaan dan reparasi kapal, dan sebagainya.

11. Teknik Lingkungan


Dengan masuk ke jurusan ini, kamu akan belajar tentang bagaimana menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas penyakit dengan teknik dan teknologi. Ruang lingkupnya pun cukup luas, mulai dari pengelolaan kesehatan lingkungan, upaya pengendalian pencemaran, sistem drainase, dan sebagainya.

Lulusannya bisa bekerja di industri-industri yang bergerak di Industri bidang petrokimia, minyak, pertambangan, hingga kementerian seperti Kementerian Lingkungan Hidup, ESDM, Perindustrian juga Kementerian Kelautan dan Perikanan juga membutuhkan lulusan Teknik Lingkungan ini.

Baca juga: 5 Kampus dengan Jurusan Ilmu Keperawatan Terbaik Dunia, Mayoritas Ada di Amerika

12. Teknik Pesawat Udara


Teknik Pesawat Udara adalah program studi berjenjang Diploma II (D2) yang dapat ditemui di sekolah-sekolah penerbangan. Siswa prodi ini disebut dengan taruna/taruni. Misalnya lisensi A1 untuk kecakapan rangka pesawat, lisensi A3 untuk pistone engine, A4 untuk turbine engine, dan lainnya.

Kalian yang sudah lulus jurusan ini bisa menjadi teknisi pesawat atau helikopter di berbagai maskapai penerbangan domestik dan internasional selain peluang kerja lainnya di industri aviasi.

13. Teknik Material


Ilmu material atau teknik material atau ilmu bahan adalah sebuah interdisipliner ilmu teknik yang mempelajari sifat material dan aplikasinya terhadap berbagai bidang ilmu dan teknik. Ilmu ini mempelajari hubungan antara struktur material dan sifatnya.

Pada bidang ini, seorang sarjana Teknik Material dapat berperan sebagai insinyur pengelasan, korosi, inspeksi, dan perawatan alat-alat produksi.

14. Teknik Robotika


Jurusan Teknik Robotika mempelajari ilmu pengetahuan dan keterampilan atau kemampuan dalam perancangan robot yang canggih serta produktif dengan banyak kelebihan yang belum tentu bisa dilakukan oleh orang lain dan termasuk mempelajari konsep dasar robotika, perancangan robot, hingga ke level aplikasi di dunia kerja industri.

Lulusannya dapat bekerja di industri manufaktur mobil, kemasan makanan dan minuman, industri kosmetik dan farmasi, industri desain, dan industri terkemuka lainnya.

15. Arsitektur


Arsitektur termasuk jurusan di bidang teknik yang terbilang unik, karena gak hanya mempelajari hal yang bersifat teknis pada bangunan tetapi juga memperhatikan sisi estetikanya.

Mahasiswa Arsitektur mempelajari tentang desain dan rancangan konstruksi bangunan. Arsitektur akan menuangkan ide, konsep dan desain, sedangkan untuk realisasi pembangunannya akan dikerjakan oleh Teknik Sipil.

Menjadi seorang arsitek mempunyai prospek karier yang cerah. Kamu bisa bekerja hampir di semua perusahaan properti dan konstruksi.

Demikian 15 jurusan teknik yang banyak dibutuhkan dan dicari dunia industri. Penting juga digarisbawahi bahwa memilih jurusan kuliah harus disesuaikan minat dan bakat kalian masing-masing. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2116 seconds (0.1#10.140)