10 Tahapan Menulis Karya Ilmiah yang Benar, Calon Peneliti Wajib Tahu

Jum'at, 15 September 2023 - 11:39 WIB
loading...
10 Tahapan Menulis Karya Ilmiah yang Benar, Calon Peneliti Wajib Tahu
Setidaknya ada 10 tahapan yang harus dilalui untuk menulis sebuah karya ilmiah yang benar. Salah satunya adalah menemukan ide tulisan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 10 tahapan menulis karya ilmiah yang baik dan benar. Karya ilmiah adalah tulisan yang dibuat oleh penulis atau peneliti dengan tujuan menjelaskan secara logis dan sistematis suatu topik ilmiah kepada pembaca. Tujuan utamanya adalah mencari jawaban dan membuktikan kebenaran tentang topik yang dibahas dalam tulisan.

Karya ilmiah biasanya mengangkat topik kontemporer dan aktual, atau sebagai pengembangan dari penelitian sebelumnya jika tema serupa. Meski saat ini sudah banyak contoh maupun referensi penulisan karya ilmiah, masih saja banyak mahasiswa yang belum memahami sepenuhnya bagaimana menulis karya ilmiah yang benar dan baik.Untuk memberi jawaban atas pertanyaan bagaimana menulis karya ilmiah yang baik, artikel berikut ini akan mengulasnya secara tuntas.

10 Cara Menulis Karya Ilmiah yang Benar

1. Pencarian Ide


Ide atau topik pembahasan adalah hal penting yang harus ditentukan sebelum menyusun penulisan. Namun, kesulitan utama bagi penulis biasanya adalah kesulitan dalam menemukan ide untuk ditulis.Untuk menemukan ide penulisan, cobalah mulai dengan fenomena kontemporer atau topik-topik yang disukai.

2. Penyusunan Latar Belakang


Setelah menemukan ide atau topik pembahasan, selanjutnya latar belakang merupakan bagian awal yang memicu penulis untuk melakukan penulisan tersebut. Kamu boleh memasukan alasan-alasan mengapa memilih topik atau ide tersebut untuk diangkat atau diteliti dalam tulisan.

Penting dalam penulisan, sertakanlah data-data yang mendukung untuk melengkapi mengapa topik tersebut penting untuk dibahas secara jelas dan terperinci.

3. Membuat Rumusan Masalah


Ini merupakan bagian yang dirumuskan berbentuk pertanyaan keseluruhan dari topik atau ide yang diangkat sekaligus turunan dari latar belakang. Rumusan masalah merupakan suatu pertanyaan yang akan dicarikan jawabannya melalui pengumpulan data.


4. Menyusun Tujuan dan Manfaat Penulisan


Tujuan penulisan terdapat 3 tujuan secara umum, yaitu penemuan data baru, pembuktian untuk mengatasi keraguan terhadap informasi, pengembangan pengetahuan yang ada.Sementara itu, manfaat penulisan adalah aplikasi hasil penelitian, baik bagi lembaga-lembaga tertentu maupun masyarakat.

5. Menyusun Kajian Pustaka


Kajian pustaka adalah langkah penting dalam penelitian yang sering diabaikan. Ini melibatkan peninjauan hasil penelitian terdahulu tentang topik yang akan diteliti, membantu memahami konteks penelitian sebelumnya, dan menjelaskan relevansi penelitian saat ini.

Dalam penelitian setidaknya terdapat dua jenis penelitian. Yakni penelitian kuantitatif dan kualitatif. Dalam penelitian kuantitatif, ini menentukan apakah penelitian itu ilmiah atau tidak. Namun, dalam penelitian kualitatif, kajian pustaka adalah opsional karena biasanya langsung berhubungan dengan objek penelitian.

6. Menyusun Instrumen Penelitian


Instrumen penelitian adalah alat atau metode yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur dan mengumpulkan data dalam penelitian mereka, seperti kuesioner, panduan wawancara, atau perangkat pengukuran fisik. Pemilihan instrumen harus dilakukan dengan hati-hati untuk memastikan akurasi dan validitas data.

7. Menyusun Variabel dan Definisi Operasional


Variabel penelitian adalah "suatu atribut atau sifat atau nilai dari orang, objek, atau kegiatan yang mempunyai variasi tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan ditarik kesimpulan."

Variabel penelitian memiliki beberapa kegunaan, di antaranya untuk mempersiapkan alat dan metode pengumpulan data, untuk mempersiapkan metode analisis/pengolahan data, serta untuk pengujian hipotesis.

Sedangkan, variabel secara operasional adalah tindakan dengan mendeskripsikan variabel penelitian sedemikian rupa, sehingga variabel tersebut bersifat spesifik dan terukur.

8. Membuat Hipotesis


Tidak semua penulisan atau penelitian memiliki hipotesis. Hipotesis sendiri merupakan jawaban sementara dari suatu penelitian yang ditulis terkait fenomena tau topik yang diteliti.


Dalam tahap prosedur, hipotesis penelitian diajukan setelah peneliti melakukan studi pustaka, karena hipotesis penelitian mencerminkan ringkasan dari kesimpulan-kesimpulan teoritis yang ditemukan dalam studi pustaka.

9. Menyusun Populasi dan Sampel


Populasi adalah lingkup umum yang terdiri dari objek atau subjek yang memiliki kualitas dan karakteristik tertentu yang telah ditentukan oleh peneliti untuk tujuan penelitian dan kemudian digunakan sebagai dasar untuk membuat kesimpulan.

Populasi dibedakan menjadi dua, yakni populasi terbatas yang objek penelitiannya dapat dihitung jumlahnya serta populasi tak terbatas yang objek penelitiannya tidak dapat dihitung

Sedangkan sampel adalah sebagian kecil dari populasi yang dipilih atau diambil secara representatif untuk diobservasi, diukur, atau dijadikan subjek penelitian. Penggunaan sampel bertujuan untuk menggeneralisasi hasil penelitian dari sampel tersebut ke seluruh populasi yang lebih besar

10. Pengumpulan Data dan Teknik Analisis Data


Instrumen pengumpulan data adalah alat bantu yang digunakan oleh peneliti untuk sistematis dan mempermudah pengumpulan data. Untuk pengumpulan datanya, dapat dilakukan melalui teknik observasi, kuesioner dan wawancara.

Sementara teknik analisis data sebagai proses mengorganisasi dan mengurutkan data ke dalam pola, kategori, dan satuan uraian dasar untuk menemukan tema dan merumuskan hipotesis kerja.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1699 seconds (0.1#10.140)