13.206 Mahasiswa Lolos PPG Prajabatan akan Menggantikan Guru yang Pensiun

Jum'at, 15 September 2023 - 11:43 WIB
loading...
13.206 Mahasiswa Lolos PPG Prajabatan akan Menggantikan Guru yang Pensiun
Mahasiswa yang lulus PPG Prajabatan akan menggantikan posisi guru yang memasuki masa pensiun. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Sebanyak 13.206 mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2022/2023 dinyatakan lulus seleksi. Mereka adalah mahasiswa yang akan menjadi generasi baru guru Indonesia.

Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan ditujukan untuk mahasiswa lulusan S1 dan D4 dari jurusan pendidikan maupun non kependidikan yang ingin menjadi guru dengan bersertifikat pendidik.

Kemendikbudristek mengadakan seleksi PPG Prajabatan ini adalah untuk memanggil lulusan perguruan tinggi yang berkeinginan teguh menjadi guru teladan, cinta profesinya, dan menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), Kemendikbudristek, Nunuk Suryani, menyampaikan apresiasi atas perjuangan dan semangat para guru yang berhasil lulus menjadi guru profesional.

Baca juga: Ini Tata Tertib dan Apa Yang Dilarang pada Pelaksanaan ANBK 2023

“Selamat kepada semua lulusan PPG Prajabatan. Saya sangat senang menyambut lahirnya guru-guru yang akan membawa perubahan pada pendidikan di Indonesia,” katanya, melalui siaran pers, Jumat (15/9/2023).

Nunuk Suryani menambahkan bahwa setelah pengumuman hasil kelulusan ini, para lulusan PPG Prajabatan akan diproyeksikan untuk mengisi kekosongan serta menggantikan guru-guru yang pensiun pada satuan pendidikan di berbagai daerah.

“Ini sejalan dengan visi program PPG Prajabatan yang bertujuan untuk menciptakan keseimbangan kebutuhan dan pemenuhan guru secara kuantitas dan kualitas sehingga layanan pendidikan dapat berjalan dengan baik demi terwujudnya Profil Pelajar Pancasila,” jelasnya.

Selanjutnya, para lulusan dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti rekrutmen guru Aparatur Sipil Negara Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (ASN PPPK) Tahun 2023 yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Baca juga: Menko Muhadjir Minta Pelajar Wajib Dibekali Nilai Keagamaan dan Nasionalisme

“Kami akan senantiasa berkomitmen dan berjuang dalam mengawal agar lulusan PPG Prajabatan menjadi generasi baru guru Indonesia yang berkualitas dalam mendidik anak-anak Indonesia,” tambah Nunuk Suryani.

Nunuk mengapresiasi Panitia Nasional, Koordinator Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) pelaksana program PPG, dosen, guru pamong serta seluruh pihak yang telah mengawal dan bekerja keras membantu proses penyelenggaraan PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2022/2023.

“Tentunya dalam mengawal proses ini sampai selesai, kita melibatkan banyak pihak yang tiada henti bekerja untuk memastikan calon-calon guru yang berkualitas. Untuk itu saya ucapkan terima kasih tak terhingga, kepada semua pihak yang mendukung dan mengambil peran,” katanya.

Para peserta seleksi dapat mengakses pengumuman kelulusan PPG Prajabatan melalui laman https://ppg.kemdikbud.go.id/.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2034 seconds (0.1#10.140)